Puluhan Calon Advokat Ikuti Ujian Profesi

PERISTIWA105 Dilihat

SOLO – INFODESANEWS, Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Kota Solo menggelar Ujian Profesi Advokat (UPA) di Universitas Sebelas Maret (UNS), Sabtu (10/4). Kegiatan ini diikuti sebanyak 70 peserta ujian. “Kegiatan ini digelar serentak di 44 kota di Indonesia, dengan total peserta mencapai 5.833 orang,” terang Ketua Peradi Kota Solo, Zainal Abidin kepada wartawan.

Dalam pelaksanaan ujian, kata Zainal, peserta harus dapat menjawab soal yang diujikan. Mulai dari materi hokum acara, dasar hukum, kode etik advokat dan lain sebagainya. Disinggung apakah peserta UPA akan lulus secara otomatis, Zainal mengatakan, tergantung dari hasil ujian yang dikerjakan. Jika dinyatakan tidak lulus, maka peserta harus menunggu beberapa waktu untuk mengikuti pelaksanaan UPA kembali. “Ya, kami harapkan dapat lulus ya. Sehingga, dapat menjalankan tugas dengan baik (sebagai advokat-red),” jela Zainal.

Dalam UPA yang diselenggarakan, juga diikuti calon advokat dari luar Kota Solo. Pihaknya tidak membatasi bagi peserta yang ingin mengikuti UPA yang diselenggarakan. “Selain dari luar Kota Solo, juga diikuti oleh berbagai profesi,” ungkapnya.

Saat ini, Peradi Kota Solo memiliki anggota sebanyak 500 lebih anggota. Setiap tahun, anggota Peradi di Kota Solo terus bertambah. Dengan pertambahan anggota Peradi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi kepada masyarakat khususnya bantuan hukum. (ahmad/her)

Berita Terkait

Baca Juga