Pulihkan Ekonomian di Sektor Pertanian Pemdes Batuliman Indah Bangun Jalan Usaha Tani

INFODESA152 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESNEWS — Pemerintahan Desa Batuliman Indah Kecamatan Candipuro, Lampung Selatan (Lamsel) Melalui program ketahanan pangan tahun 2023, merealisasikan pembangunan Rabat Beton Jalan usaha tani yang ada di Dusun I.

Hadir Dalam pembangunan cor Rabat Beton Jalan Usaha Tani,Danramil Candipuro Kapt inf Imron Natta,Kepala Desa Mugeno, pendamping Desa, serta aparatur Desa Batuliman Indah.

Kepala Desa Batuliman Indah Mugeno mengatakan, Pembangunan Rabat Beton Jalan Usaha Tani bertujuan untuk memperlancar arus lalulintas para petani dalam mengolah lahan pertanian maupun mengangkut hasil panen.

“Sehingga dengan jalan yang bagus tentu nantinya dapat meningkatkan perekonomian, khususnya warga Dan petani yang ada di Dusun 001 Desa Batuliman Indah ,”kata dia pada infodesanews.com, kamis (3/8/2023)

Dijelaskan pembangunan tersebut menggunakan dana yang bersumber dari anggaran Dana Desa (DD) tahun angaran 2023. Untuk pengerjaannya melalui padat karya mengandalkan kearifan lokal warga sekitar.

“Peningkatan rabat beton itu memiliki panjang 190 meter, lebar 2,5 meter, dan ketebalan 0,12 meter dengan pagu anggaran sebesar Rp. 90.000.000,”terang Sarkam selaku Pelaksana Kerja ( PK)

Menurutnya melalui program ketahanan pangan dan hewani, tu dibangun menggunakan anggaran DD 2023 tahap Ke dua. “Sehingga, akses angkut hasil bumi makin lancar,”ujarnya.

Ia berharap dengan dibangunnya diharap dapat mendongkrak perekonomian dengan akses mudah mengangkut hasil pertanian dan perkebunan di Dusun 001

“Dengan akses yang mulus,  hasil pertanian dan perkebunan akan lebih mudah diangkut. Sehingga, ke depan dapat mendongkrak perekonomian pertanian Dan masyarakat,”ungkapnya. ( Bambang )