Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat dengan Wirausaha Merdeka

SOLO – INFODESANEWS, Mahasiswa STIE Swasta Mandiri bergabung dalam program Wirausaha Merdeka (WMK) yang didanai Kemendikbud Ristek dengan pengelola pelasana wirausaha merdeka Universitas Muhammadiyah Surakarta. Wirausaha Merdeka merupakan program yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia sangat spesial dan menjembatani bagi para mahasiswa yang memiliki Ketertarikan terhadap dunia Wirausaha.

Kegiatan WMK dilaksanakan di 17 kampus pelaksana di seluruh Indonesia, salah satunya di Universitas Muhammadiyah Surakarta. WMK yang diselenggarakan Universitas Muhammadiyah Surakarta diikuti 876 mahasiswa yang didampingi oleh 89 Dosen Pembimbing Lapangan dari berbagai kampus PTN maupun PTS di Indonesia.

Saat ini mahasiswa STIE Swasta Mandiri dengan Dosen Pembimbing Lapangan Bapak Dzikri, bersama dengan mahasiswa dari beberapa kampus lainnya sedang memasuki fase program magang di UMKM. Dimana tempat magang mahasiswa ditentukan sesuai dengan minat bidang bisnisnya masing-masing. Magang bermanfaat bagi mahasiswa untuk mengetahui proses bisnis secara langsung. UMKM yang ditempati sebagai tempat magang juga mendapatkan manfaat berupa masukan-masukan dari mahasiswa untuk meningkatkan sekala bisnisnya. Selama magang mahasiswa juga diberi tugas untuk membuat proposal bisnisnya.

Sebelum magang mahasiswa telah mengikuti workshop kewirausahaan dengan durasi 100 jam selama satu bulan. Fase selanjutnya setelah kegiatan magang adalah expo prototype produk mahasiswa WMK yang akan dilaksanakan pada bulan November. Kemudian mahasiswa akan mendapatkan pendampingan wirausaha dan melakukan kegiatan pitching untuk menemukan investornya masing-masing.

Mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan WMK diharapkan dapat membangun bisnisnya masing-masing. Sehingga akan muncul wirausahawan-wirausahawan baru yang akan meningkatkan perekonomian Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.  (anto/her/red slo)

Berita Terkait

Baca Juga