Progres TMAB Pertanian di Poktan Karya Usaha, Tahap Pemasangan Panel Solar Cell dan Tandon Air

INFODESA6 Dilihat
banner 728x90

Kutai Kartanegara. infodesanews.com–    Pembuatan sumur bor dalam kegiatan TMAB pertanian program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-122 Kodim 0906/Kutai Kartanegara (Kkr) terus menunjukkan progres signifikan. Hal ini ditandai dengan kegiatan pemasangan panel solar cell dan tandon penampung air proyek TMAB pertanian titik 3 yang berada di kawasan pertanian Kelompok Tani (Poktan) Karya Usaha, Dusun Rapak Rejo Desa Kerta Buana, Tenggarong Seberang. Rabu (23/10/24)

Pelaksanaan pemasangan panel surya tersebut bertujuan untuk menyediakan sumber energi listrik terbarukan yang akan menggerakkan pompa air dan mengalirkan air menuju tempat penampungan (tandon) yang telah disiapkan.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Arinal Minta Bupati dan Walikota Pantau Penerapan Protkes Covid-19 Ke Desa Desa

Dari tandon penampung air berkapasitas 5.500 liter inilah nantinya akan digunakan oleh warga sebagai pasokan air untuk keperluan irigasi pertanian secara berkelanjutan, terutama pada saat musim kemarau.

“Pemasangan panel solar cell dan tandon air ini merupakan solusi jangka panjang untuk mengatasi keterbatasan akses sumber energi listrik dan air ditengah kawasan pertanian kelompok tani Karya Usaha. Kami berharap dengan adanya fasilitas sumur bor pertanian dari program TMMD ini dapat meningkatkan hasil produksi pertanian dan kesejahteraan petani di dusun Rapak Rejo,” ucap Sertu Suyanto salah satu anggota satgas TMMD Kodim 0906/Kkr.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Tertib Pajak, Satlantas Polresta Pati : Tingkatkan Pelayanan Fabel

Program TMMD ke-122 yang dilaksanakan Kodim 0906/Kkr di wilayah desa Kerta Buana merupakan bagian dari komitmen TNI dalam mendukung pembangunan desa, meningkatkan produktivitas pertanian serta meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat. (Mur)*

banner 728x90