Program TMMD Kodim 0906/Kkr, Sumur Bor Pertanian Berbasis Energi Terbarukan

NASIONAL20 Dilihat
banner 728x90

Kutai Kartanegara. .infodesanews.com–   Kodim 0906/Kutai Kartanegara (Kkr) melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-122 berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di disektor pertanian. Salah satu upaya yang dilakukan dari program TMMD tersebut adalah dengan membangun sumur bor pertanian di beberapa areal persawahan yang ada di desa Kerta Bhuana kecamatan Tenggarong Seberang.

Sumur bor pertanian yang nantinya akan digunakan oleh masyarakat khususnya oleh kelompok tani merupakan sumur bor modern yang dilengkapi dengan sistem pompa air otomatis dan memanfaatkan energi terbarukan.

“Sistem ini dilengkapi dengan pompa yang didukung oleh panel surya atau solar cell, dimana pengoperasiannya tanpa ketergantungan pada jaringan listrik konvensional. Selain ramah lingkungan, pemanfaatan tenaga surya juga diyakini mampu menekan biaya operasional bagi para petani, “ jelas Serka Sapto Marno koordinator lapangan TMMD Kodim 0906/Kkr, senin (14/10/24)

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Jaringan Petani dan Peternak di Blora Dukung Cak Imin Jadi Capres 2024

“Selain membantu petani dalam penyediaan air, kita ingin memaksimalkan potensi energi terbarukan demi keberlanjutan lingkungan dan efisiensi energi,” pungkasnya.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Pasca Ziarah, Ganjar Usulkan Pocut Meurah Intan Jadi Pahlawan Nasional

Dengan sumber air yang tersedia sepanjang tahun, para petani di desa Kerta Bhuana diharapkan bisa memperluas masa tanam dan mengurangi risiko gagal panen di musim kemarau. Selain itu tidak hanya meningkatkan kesejahteraan jangka pendek, program TMMD ke-122 Kodim 0906/Kkr juga diharapkan dapat memberikan dampak jangka panjang bagi perkembangan sektor pertanian diwilayah kabupaten Kukar. *(Mur)

banner 728x90