Program Pembelajaran Lalu Lintas Sejak Dini

INFODESA122 Dilihat

AGAM – Mengingat tingginya angka pelanggaran lalu lintas yang sering dilakukan oleh anak di era zaman modern sekarang ini, Aipda Refren Rianto Kanit Kamsel Satlantas Polres Agam laksanakan program pembelajaran lalu lintas sejak dini.

Program pembelajaran lalu lintas sejak dini itu,” ia prioritaskan terhadap anak pelajar TK dan SD.” Lanjut, Saat dijumpai wartawan Rabu siang, (18/5/22) di sebuah TK Pembina Lubuk Basung Kabupaten Agam, Aipda Refren mengatakan bahwa ianya melakukan kegiatan ini adalah untuk mengurangi angka pelanggaran dan angka kecelakaan lalu lintas yang sering dilakukan oleh anak dibawah umur ketika ia sudah mulai beranjak dewasa.

“Selain itu, ketika anak sudah dibekali dengan ilmu tentang tata cara berlalu lintas yang benar sejak dini, maka anak tersebut juga bisa menjadi contoh bagi keluarga dan teman – temannya “, kata Aipda Refren.

Menurut Aipda Refren, dilain sisi kegiatan ini juga merupakan salah satu aksi kepedulian polisi terhadap anak dalam menjaga keselamatannya agar tidak menjadi korban ataupun pelaku kecelakaan lalu lintas ketika ia sudah bisa mengemudikan kendaraan bermotor nantinya.

” Kalau kita hanya melakukan kegiatan penertiban seperti razia saja, hasil yang kita capai untuk mengurangi angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang melibatkan anak itu tidak akan maksimal.

Melalui kegiatan ini kita juga bisa menjalin kedekatan antara polisi dengan anak hingga rasa kepobiaan anak terhadap polisi bisa berubah menjadi kecintaan”. Ucap Aipda Refren.

Saat memberikan pembelajaran kepada anak TK tersebut, Aipda Refren mengajarkan beberapa materi pokok tentang tata cara berlalu lintas yang benar diantaranya : 1. Materi tentang pengenalan anak dengan aneka jenis kendaraan, 2. Materi tentang pengenalan anak dengan rambu – rambu lalu lintas secara dasar.

3. Materi tentang pengenalan anak dengan jenis jalan dan peruntukannya, 4. Materi tentang tata cara menyeberang jalan yang benar, 5. Materi untuk mengajak anak supaya bisa menjadi sebagai contoh pengguna jalan yang baik bagi keluarga dan teman – temanya.

Dengan diadakannya program tersebut, Kasat Lantas Polres Agam Iptu Apriman Sural, S.H, sangat mendukung dan mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Aipda Refren, menurutnya selain memberikan edukasi tentang tata tertib berlalulintas, Aipda Refren juga bisa memberikan wawasan kepada anak tentang tugas polisi dalam memerangi kejahatan.

Menurut Apriman, pada kenyataanya, polisi sangat dibutuhkan oleh masyarakat, ” Walaupun sekarang ini masih ada oknum yang melakukan hal-hal yang negatif, Namun kami tetap berupaya untuk menumbuhkan rasa kecintaan masyarakat terhadap polisi.

Melalui kegiatan Polisi Sahabat Anak ini, Apriman berharap agar anak-anak paham pada tugas mulia kepolisian yang mempunyai jiwa satria, jujur, dan disiplin itu. Karena hal itu adalah keteladanan yang dapat dicontoh sehingga menjadi karakter pada saat dewasa nanti, bahkan anak akan merasa bangga pada polisi yang sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat,”jelas Apriman.(@Gus)

Berita Terkait

Baca Juga