Program Magang Sekolah Vokasi UMS Dimulai ; Asah Kemampuan, Ketrampilan dan Pengalaman Mahasiswa

SURAKARTA – INFODESANEWS, Pelaksanaan program magang Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) Sekolah vokasi UMS bersama mitra telah dimulai. Sejumlah 100 mahasiswa yang terdiri dari program kompetensi mekanik alat berat, operator alat berat, mekanikal and  elektrical plumbing, kapal pesiar dan administrasi kantor telah berangkat magang ke beberapa mitra di bidang pertambangan maupun manufaktur, juga perusahaan alat berat di Jakarta, Semarang dan ada juga yang telah diterima oleh perusahaan di Kalimantan.

Kegiatan Sekolah Vokasi UMS, pendidikan dan latihan meliputi tahapan (1) pembentukan karakter dengan pendidikan bina mental fisik dan peningkatan jiwa korsa maupun kedispilinan kerj, selanjutnya; (2) Achievement Motivation Traning, (3) pembelajaran dikelas kemudian workshop, dan (4) selanjutnya magang DUDI, serta (5) tahap akhir rekruitmen oleh mitra sebelum pembuatan tugas laporan akhir.

Menurut Wakil Direktur Sekolah Vokasi UMS Ir. Amin Sulistyanto. ST. MT. MSi kegiatan magang sangat membantu kemampuan, ketrampilan dan pengalaman bagi peserta mahasiswa sebelum langsung menjadi calon karyawan di perusahaan yang diminati. Selama magang telah banyak mahasiswa yang diterima menjadi calon karyawan, karena menunjukkan prestasi dan perilaku, serta ketrampilan sesuai dengan tempat magang mahasiswa.

Sekolah vokasi UMS memiliki 15 kompetensi, mekanik alat berat, operator alat berat, operator pembangkit listrik, hotel kapal pesiar, mekanikal elektrical plumbing, teknisi kapal, animasi 3D, bengkel carfix, maintenance craine, syariah banking, administrasi kantor, wirausaha online shop marketing, K3 umum kemenaker dan K3 migas sertifikasi.

Hal senada juga diungkapkan Biro Kerjasama Khusus, Usman Birrul Walidain. Menurutnya lulusan sekolah vokasi UMS hampir 90% bekerja sesuai dengan bidangnya dan telah banyak yang bekerja sebelum lulus. (anto/her)

Berita Terkait

Baca Juga