Produk Hukum Pengawasan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Sosialisasikan Bawaslu

NASIONAL101 Dilihat

LUTRA(SULSEL), INFODESANEWS – Dalam rangka optimalisasi pengawasan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Luwu Utara tahun 2020, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Luwu Utara(Lutra), Sulawesi-Selatan(Sulsel), menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Produk Hukum Pengawasan di Hotel Yuniar Masamba, jalan Pajora, Rabu(12/2/2020).

Acara tersebut dihadiri Pimpinan Bawaslu Provinsi Sulsel Adnan Jamal, Zulkifli Haspan Dosen Fakultas Hukum Universitas Hassnuddin(Unhas) sekalus Pemateri Produk Hukum Pilkada, Ketua Bawaslu Lutra, Muhajirin, Komisioner KPU Ibrahim Umar, Sriwati Sukma Dinengsih dan 45 Panwascam se Kabupaten Lutra dari 15 Kecamatan.

Pimpinan Badan Pengawas Pemilu(Bawaslu) Provinsi Sulsel, Adnan Jamal mengatakan, bahwa Provinsi Sulsel akan melaksanakan Pilkada serentak 2020 terkhusus di Bumi Lamaranginang julukan Kabupaten Lutra.

Dan ini menjadi tantangan Bawaslu karena disisi lain melaksanakan fungsi pengawasan dan penegakan hukum. Disisi lain juga melakukan tugas fungsi seluruh tahapan dan upaya-upaya pencegahan.

“Selain bersosialisasi, kami juga lakukan sharing gagasan bagaimana agenda-agenda kedepan dalam hal penguatan,” katanya.

Ia menjelaskan, Bawaslu Lutra terus menjalin sinergitas dengan berbagai pihak agar Pemilu bisa berjalan sesuai aturan yang berlaku.

“Bawaslu mengakui bahwa proses Pemilu kemarin bisa berjalan dengan baik juga karena ada keterlibatan dengan berbagai pihak dan stakeholder,” tandasnya.

Adnan Jamal menyebutkan, bahwa kegiatan ini merupakan sebuah langkah awal untuk menyamakan persepsi. Metode pengawasan berbeda dengan per Bawaslu yang kemarin sempat digunakan pada saat pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) dari mulai per Bawaslu pengawasan, penindakan hingga sidang sengketa.

“Adnan Jamal mengucapkan terima kasih kepada bapak ibu sekalian yang sudah berkenan hadir di undangan kami tentunya ini sebuah kebanggaan Bawaslu Kabupaten Lutra yang senantiasa mencoba untuk melakukan proses dialog sharing informasi dan berdiskusi terkait dengan peningkatan kualitas berdemokrasi di Kabupaten yang berjuluk Bumi Lamaranginang(Lutra,red),” pungkasnya.(yustus)