oleh

Pramuka Sumpiuh Bersihkan Sampah Acara Tahun Baru

BANYUMAS, INFODESANEWS.COM – Taman kota Sumpiuh sudah menjadi ikon kota kecamatan di Wilayah Banyumas Timur, sehingga banyak warga yang berkunjung di taman ini khususnya pada Malam Tahun Baru 2020. Banyaknya warga yang berkunjung sedikit banyak meninggalkan sampah. Melihat hal tersebut Pramuka Sumpiuh mengadakan bersih sampah (01/01/2020) di Taman Kota Sumpiuh. Kegiatan tersebut diikuti oleh Pramuka Penggalang dan Penegak Se Kwartir Ranting Sumpiuh di sekitar taman kota.

Ketua Pramuka Peduli Kwarran Sumpiuh Dwi Rachmawanto mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk kembali membuat taman kota menjadi bersih dari sampah sehingga terlihat indah. Kemudian menanamkan pola hidup bersih dan sehat pada anak-anak Pramuka agar mereka tidak membuang sampah sembarangan.

“Selanjutnya mewujudkan isi dari pada Dhasa Dharma dan juga bakti pramuka kepada masyarakat bahwa Pramuka selalu ada dan benar bena berguna bagi masyarakat dan berguna bagi semua,” katanya

Hadir pula Ketua Kwartir Ranting Sumpiuh Siti Nur Hasanah. Dia menyambut baik kegiatan yang diprakarsai oleh Pramuka peduli.

“Kita mengawal tahun 2020 dengan kegiatan yang positif, semoga ini menjadi awal yang baik untuk Pramuka Sumpiuh menjadi lebih baik,” katanya

Ketua Kwarran juga berpesan agar masyarakat lebih sadar akan lingkungan, sehingga mau membuang sampah pada tempatnya. Meski Pramuka selalu tampil untuk peduli membersihkan bukan berarti masyarakat berbuat yang kontra produktif.

Menurutnya kegiatan juga bertujuan untuk menunjukan bahwa pramuka selalu bisa berbaur dengan masyarakat dan alam, Pramuka selalu bisa bersatu dengan masyarakat dengan keteladanan, Pramuka yang selalu mengamalkan Tri Satya dan menepati Dhasa Dharma.

“Kegiatan ini juga sebagai bentuk pengamalan dari Dhasa Dhama yang kedua yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia” tambahnya

Baca juga  Sat Lantas Polres Blora Sosialisasi Keselamatan Berkendara Melalui MPLS di Sekolah

Kak Nur berharap kegiatan dapat digunakan sebagai sarana membangun kerjasama untuk membersihkan taman kota dan sekitarnya. (Ridho/ Yn)

Berita