oleh

Ponpes Mahasantri KH Mas Mansyur UMS Siapkan Generasi SMART

SUKOHARJO – INFODESANEWS, Pondok Pesantren Mahasantri KH Mas Mansyur UMS mengadakan kegiatan kuliah umum dengan tema menyiapkan generasi SMART dengan kepemimpinan yang cerdas, (4/8). Kegiatan dilakukan bagi mahasantri baru yang di mulai pukul 18.30-20.00 wib dengan menghadirkan nara sumber sekaligus motivator Direktur Sekolah Vokasi UMS, Dr. Ir. Suranto. ST. MM. MSi.

Kegiatan dipimpin langsung oleh Pengelola Pondok Pesantren Mahasantri KH Mas Mansyur UMS, Kasubid Kaderisasi Ustadz  Dodi Afianto, SAg. MPd dalam pesannya menyampaikan pentingnya bekal bagi para mahasantri untuk menjadi calon pemimpin yang cerdas, arif, bijaksana dan beradab.

Pemateri menyampaikan tentang: tipe pemimpin, karakter pemimpin, jiwa dan mental seorang pemimpin, solusi dan strategi mewujudkan menjadi pemimpin yang ihsan, kunci sukses menjadi seorang pemimpin. Hal ini juga dikaitkan dengan Hadits Tirmidzi: “Sesungguhnya manusia yang paling dicintai Alloh SWT, pada hari kiamat dan paling dekat kedudukannya disisi Alloh SWT adalah pemimpin yang adil, sedangkan orang yang paling di benci Alloh SWT, dan paling jauh kedudukannya dari Alloh SWT adalah seorang pemimpin yang dzalim. (HR. At-tirmidzi)

BACA JUGA  Semangat Dukung Ekonomi Kreatif, Ratu Sarinah Soekarno Dirikan Koperasi Sekunder

Melalui kuliah umum diharapkan mahasantri lebih semangat dalam belajar, peningkatan motivasi belajar agar lebih optimis, yakin serta istiqomah dalam meraih cita-cita. Pendidikan di pondok pesantren yang menggabungkan ilmu agama dan ilmu sains sangat mendukung dalam pembentukan kepribadian, karakter dan mental mahasantri. Banyak tokoh-tokoh yang lahir dan sukses dari pesantren yang memiliki bekal ilmu sains, teknologi dan agama. Materi disampaikan dengan gaya jenaka serta permainan yang bermakna filosofis untuk mendorong mahasantri agar lebih semangat dalam belajar kedepannya.

Kegiatan diikuti sekitar 50 mahasantri (putra dan putri) PESMA KH Mas Mansyur, dilaksanakan di Masjid KH Mas Mansyur Kampus 4 UMS dan kegiatan di ikuti dengan seksama, fokus dan sangat menyenangkan. Kegiatan seperti ini sangat menginspirasi, memberikan motivasi, penyegaran dan mampu menambah wawasan dan semangat keilmuan dan keagamaan fathqi mahasantri dari luar negeri (palestina). (anto/h/red-slo)