Polisi Amankan Pelaku Penyalahgunaan BBM Bersubsidi Jenis Solar

INFODESA88 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Tim Khusus Anti Bandit (Tekab 308) Polres Lampung Selatan, mengamankan dua orang pelaku dan kendaraan penyalahgunaan pengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM) Bersubsidi jenis Solar.

Dua orang pelaku yang diamankan
yakni MIS (21) dan FJ (21) beserta kendaraan roda empat jenis mitsubishi L300 warna hitam dengan Nomor Polisi BE 8186 MV di Areal SPBU Jati Indah Kelurahan Way Urang Kecamatan Kalianda, Jum,at, (30/9/2022)

Kapolres Lampung Selatan AKBP Edwin dalam hal ini yang diwakili Kasat Reskrim AKP Hendra Saputra, mengatakan pihaknya telah melakukan penangkapan terhadap dua orang yang melakukan penyalahgunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis Solar.

“Saat team kami melakukan patroli di SPBU Jati Indah Kalianda mendapati sebuah kendaraan roda empat jenis L300 Pic Up Box dengan nomor Polisi BE 8186 MV yang mencurigakan. Setelah kami lakukan pemeriksaan didalam kendaraan ditemukan tangki tekmon (tandon IBC) warna putih sebanyak 2 buah yang berisikan BBM subsidi jenis solar sebanyak 569 Liter” kata Hendra dalam keterangannya.

Dijelaskan, Pelaku menjalankan aksinya dengan cara membeli BBM dari beberapa SPBU di Wilayah Lampung Selatan secara normal menggunaan mobil.

“Namun setelah tangki mobil penuh disedot menggunakan mesin dinaikkan ketangki tekmon yang ada didalam mobil. Pelaku ini melakukan aksiya berpindah pindah dari satu SPBU ke SPBU lainnya hingga tanki tekmon terisi penuh.”terangnya.

Menurut keterangan pelaku, barang yang mereka peroleh rencananya akan dibawa menuju Desa Rangai Tri Tunggal Kecamatan Ketibung Kabupaten Lampung Selatan.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya pelaku di jerat Pasal 55 UU RI No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja Perubahan Atas UU RI No. 22 Tahun 2001 tentang minyak dan gas bumi.

“Saat ini pelaku beserta barang bukti 1 unit mobil mitsubishi L300 warna hitam dengan Nopol : BE 8186 MV berikut STNK dan 2 tangki tekmon (tandon IBC) warna putih berisikan BBM Subsidi jenis Solar sebanyak kurang lebih 569 kami amankan di Mapolres untuk pemeriksaan lebih lanjut.”pungkas Hendra. (Red)

Berita Terkait

Baca Juga