PMI Siap Bantu, Ini Amanah Masyarakat

INFODESA161 Dilihat

Semarang, Infodesanews.com – Dalam tiap tahun, PMI mengadakan bulan dana yang hasilnya dikembalikan pada masyarakat dalam berbagai bentuk. Salah satu wujud pengembaliannya adalah dalam pemberian bantuan kemanusiaan bagi warga yang mendapatkan musibah maupun dalam bentuk kegiatan pelatihan. Hal ini diungkapkan oleh H Surachman, tadi siang (06/0/2018) saat menyampaikan bantuan bagi warga yang terkena musibah longsor di kelurahan Bongsari Semarang Barat.

“PMI siap bantu, ini amanah dari masyarakat” Ungkap pria yang menjabat sebagai sekretaris PMI Kota Semarang. “PMI selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi kemanusiaan, mulai dari pelatihan pertolongan pertama berbasis masyarakat, siaga bencana berbasis masyarakat, pemberian bantuan santunan bagi yang terkena bencana dan sebagainya. Pengumpulan bulan dana PMI yang dikelola dengan baik, tentu akan memberikan manfaat yang besar.” Lanjut Surachman.

Lurah Bongsari, Sulistyowati menyampaikan terima kasih pada PMI yang selalu siap membantu masyarakat, “Atas nama pribadi dan kelembagaan saya ucapkan terima kasih kepada PMI yang telah memberikan bantuan kepada warga yang tertimpa bencana” Katanya “Bantuan ini sesuai dengan kebutuhan, dan segera kami berikan kepada yang terkena musibah”

Bantuan berupa 20 sak semen diserahkan pada Sugiyanto, warga RT 3 RW 1 melalui Lurah Bongsari. Akibat tertimpa longsor kemarin (05/02) saat menjelang maghrib, rumahnya rusak parah. Namun tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut sebagaimana dilaporkan oleh Ahmad Habib selaku ketua tim yang bertugas meninjau lokasi bencana. Kepada awak media ia mengatakan longsor sekitar pukul 17.00 WIB. Informasi masuk longsor menimpa rumah Sugiyanto, kemudian warga dengan sigap kerja bakti menyingkirkan material longsor supaya tidak menutup jalan sebagai akses masuk. “Saat kami tiba di lokasi keadaan jalan sudah steril dari material longsor” Terang Habib di sela penyerahan bantuan.
Ia juga mengungkapkan beberapa lokasi yang telah ditinjau dan didata, di antaranya longsor yang terjadi di halaman rumah ibu Sunarsi warga jalan Taman Srinindito RT 9 RW 04 dan di halaman rumah Waluyo, dan Suyanto warga jalan Ngemplak Saputan Rt 10 RW 9, Kelurahan Tandang Kecamatan Tembalang, Longsor juga menimpa rumah Eko Pramono dan Ketua RT 10 RW 9, Arif Nurjaman. Dalam tinjauannya ketinggian tebing 5 meter dengan panjang area potensi longsor 23 meter. Kepada warga, ia mengingatkan untuk waspada dan sewaktu-waktu bisa berkomunikasi dengan Markas PMI, mengingat curah hujan yang cukup tinggi, “tetap komunikasi bisa melalui pantauan radio komunikasi di frekuensi PMI atau telepon. PMI tetap siaga, PMI siap bantu” tandasnya.