PMI Bantu Evakuasi Warga dan Distribusi Selimut bagi Warga Terdampak Gempa di NTB

INFODESA143 Dilihat

NUSA TENGGARA BARAT, INFODESANEWS – Gempa Kembali melanda wilayah NTB, dengan kekuatan 7,0 Skala Richter, yang terjadi pada Minggu (05/08). Gempa yang berpotensi tsunami ini dalam level waspada membuat warga di sekitar wilayah Lombok Utara dan dirasakan di wilayah Mataram dan Bali ini membuat warga menjadi panik dan berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

Menurut Muh. Nashir, Relawan PMI yang sedang bertugas mengatakan, Gempa menyebabkan warga masyarakat spontan berlari keluar rumah untuk menyelamatkan diri keluar rumah.

“Saat gempa terjadi banyak warga yang langsung keluar rumah, Relawan PMI yang siaga segera melakukan evakuasi kepada warga yang panik akibat diguncang gempa besar tersebut,” jelas Nashir.

“Listrik juga padam, tetapi para Relawan PMI berfokus untuk melakukan evakuasi dan penyelamatan warga yang berada di dalam rumah, serta penenangan bagi warga terdampak yang panik akibat gempa yang terjadi,” tambah nashir.

Selain itu, PMI juga melakukan upaya membagikan selimut bagi warga yang bertahan di pinggir jalan.

“Di wilayah Blanting, PMI bersama dengan TNI melakukan distribusi selimut kepada para warga yang bertahan mengungsi di pinggir jalan, karena kondisi cukup dingin dan banyak juga lansia serta anak-anak yang mengungsi di luar rumah.” Jelas Nashir.

Sementara untuk di wilayah Bali, Relawan PMI yang bertugas langsung menuju lokasi untuk melakukan evakuasi dan melakukan asesmen, terhadap para warga yang terdampak dengan gempa tersebut.