Pj Bupati Harapkan UMKM Lokal Bisa Merambah Tingkat Nasional

INFODESA65 Dilihat

PATI – Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro, Rabu (26/10), menghadiri seminar bertema “Strategi Pengembangan UMKM dalam Bingkai Kearifan Lokal”, yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Pati.

Kegiatan yang melibatkan para pegiat Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Pati ini digelar di Adelia Ballroom New Merdeka Hotel.

Pj Bupati Pati hadir dan memberikan sambutan. Sedangkan sebagai pembicara kunci (keynote speaker) ialah Ketua DPP Apindo Jateng Frans Kongi.

Selain itu, dihadirkan pula dua orang narasumber lain, yakni M Aditya Warman dari Dewan Pengawas BP Jamsostek serta Anggota DPR RI Sudewo.

Sebelum membuka seminar, Henggar menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan ini, pihaknya berharap UMKM lokal Pati dapat kian maju dan merambah ke tingkat nasional.

Ia menyebut, UMKM memang perlu disokong karena memiliki tiga peran krusial.”Peran pertama ialah pemerataan kesempatan kerja dan mengurangi pengangguran.

Kedua, penyumbang PDB (Produk Domestik Bruto) di negara kita. Dan ketiga, menjadi jaring pengaman untuk masyarakat menengah ke bawah dalam menjalankan ekonomi produktif,” paparnya.

Pemerintah daerah sendiri, lanjut Henggar, senantiasa mendorong pengembangan UMKM Pati melalui berbagai event.”Beberapa event yang kita lakukan, tujuannya ialah untuk mendorong agar UMKM Pati lebih berkembang. Dengan demikian kita bisa branding Pati dan UMKM bisa tumbuh pesat,” ucapnya.

Secara khusus, ia juga menyinggung momentum perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah 2023 yang bakal digelar di Pati Raya, di mana Kabupaten Pati akan menjadi tuan rumah acara pembukaan dan tempat kompetisi untuk 12 cabang olahraga.

“Momentum ini jangan sampai terlepas. Rekan UMKM harus manfaatkan betul event tersebut. Kerja betul dalam event itu, sehingga orang penasaran dengan apa yang ditampilkan. Karena sangat memungkinkan sekali jika galeri UMKM digelar di venue-venue Porprov,” paparnya.

Pj Bupati pun berharap, dengan sinergi Pemkab, Apindo, dan pelaku UMKM, upaya mem-branding Pati akan kian efektif dan dengan sendirinya produk UMKM Pati lebih dikenal di kancah nasional.(@Gus)