Pimpin Upacara 17-an, Kasdim Kukar Sampaikan Amanat Panglima Terkait Netralitas TNI

INFODESA90 Dilihat

KUTAI KARTANEGARA, INFODESANEWS – Kodim 0906/Kutai Kartanegara (Kkr) menyelenggarakan upacara bendera yang dilaksanakan pada tanggal 17 setiap bulan, kali ini mewakili Komandan Kodim, kepala Staf Kodim 0906/Kkr, Mayor Inf. Mahfudz pimpin kegiatan upacara bendera yang di gelar di lapangan upacara Makodim Kukar jalan KH. Ahmad Mukhsin kelurahan Timbau kecamatan Tenggarong kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Selasa (17/10/2023)

Pada pelaksanaan upacara bendera, Mayor Inf. Mahfudz membacakan amanat dari Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M yang berisikan antara lain tentang Netralitas prajurit TNI dalam menjaga stabilitas politik dan keamanan nasional jelang pesta demorasi Pemilu tahun 2024.

“Dalam waktu dekat, bangsa kita akan menyelenggarakan Pemilihan Umum tahun 2024, yang mencakup Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan anggota legislatif, serta Pemilihan Kepala Daerah secara serentak”.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Fraksi Di DPRD Kabupaten berikan Apresiasi terhadap Kinerja Pemkab Pati

Panglima juga menekankan, para prajurit TNI harus peka dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi yang terjadi.

“Netralitas TNI adalah sebuah komitmen yang jelas dan tidak bisa ditawar-tawar. TNI harus netral, karena TNI memegang peranan penting dalam menjaga stabilitas politik dan keamanan nasional. Sebagai salah satu pilar utama dalam pertahanan negara, TNI memiliki tanggung jawab yang besar dalam menjamin tahapan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan damai dan sejuk”, tegas Panglima.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Kolaborasi antara Babinsa dan Bhabinkamtibmas dalam Melaksanakan Komsos di Wilayah Binaanya

Kasdim juga menyampaikan beberapa penekanan dari Panglima TNI sebagai pedoman yang harus dilaksanakan oleh seluruh prajurit TNI dalam menjalan tugas dan tanggung jawabnya.

“Pertama, tingkatkan terus keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME serta pegang teguh Santi Aji Prajurit. Kedua, laksanakan komitmen netralitas TNI. Ketiga, jaga soliditas dan kekompakan dalam menghadapi berbagai tantangan tugas. Keempat, tingkatkan terus profesionalisme dan jaga sinergitas dengan POLRI, kementerian/ lembaga dan komponen bangsa dan Kelima, jaga nama baik TNI dimanapun berada dan bertugas”, pungkas Panglima TNI dalam amanatnya yang dibacakan Kasdim 0906/Kkr. (Mur)*