Petahana Suwandi – Siap Membangun dan Majukan Perekonomian Warga Desa Trimulyo Lebih Transparan

DEMAK – INFODESANEWS, Calon Kepala Desa Trimulyo Kecamatan Guntur Demak Petahana Suwandi kembali mencalonkan diri untuk Pemilihan Kepala Desa serentak yang akan digelar pada Minggu, 16 Oktober 2022, mendatang.

Selama menjadi Kepala Desa Trimulyo sejak tahun 2016 – 2022, Suwandi berhasil menjalankan beberapa program inovatif, salah satunya terus merintis pengembangan program pompanisasi pertanian dengan menggunakan mesin tenag listrik.

Prorgam itu nantinya akan resmi mendapat ijin dari BBWS Pemali Juana. Selain itu, Suwandi juga berhasil membina BUMDes yang menjadi salah satu BUMDes yang terpilih menjadi Binaan Langsung Kemendes. “Semua demi meningkatkan perekonomian petani desa Trimulyo,” ujarnya.

Dengan amanah masyarakat ini, ia menilai bahwa harus dipertanggungjawabkan salah satunya adalah dengan menyusun Visi-misi dan Program yang akan dilaksanakannya bilamana terpilih kembali sebagai Kepala Desa Trimulyo.

Suwandi, bahkan sudah menyiapkan beberapa program unggulan untuk pembangunan desanya. Program tersebut akan direalisasikan nantinya, jika ia benar-benar terpilih menjadi Kades baru (Pilkades) dalam beberapa bulan mendatang.

“Yaitu program-program berkelanjutan, yang tentu saja untuk lebih membuat maju desa Trimulyo. Dan membuat semua warga desa bisa meningkat taraf hidup dan kesejahteraannya. Baik secara fisik maupun secara mental dan spiritual,” ujarnya, saat ditemui di rumahnya belum lana ini.

Beberapa poin penting dalam semua program unggulannya tersebut, mengedepankan transparasi manajemen. Yaitu azas keterbukaaan agar semua warga menjadi tahu darimana, berapa, dan untuk apa saja sumber-sumber dana pembangunan didapat, diolah serta dialokasikan untuk pembangunan desa.

“Selain itu, kami juga menggunakan sistem layanan untuk masyarakat desa selama 24 jam penuh. Hal itu tentu bisa tercapai dengan bantuan teknologi informasi sekarang ini. Termasuk pemanfaatan HP ataupun aplikasi sosmed (Sosial Media) yang ada,” tegasnya.

Petahana Suwandi mencalonkan kembali tanpa alasan karena melihat perkembangan desanya, hatinya tergerak untuk terus ikut mengabdikan diri membangun desa. Langkah mencalonkan diri menjadi Kades Trimulyo, memang juga datang dari sebagian besar warga desa.

Dengan sosoknya, yang Low Profile, tentu bisa merangkul semua kalangan warga desa tanpa kecuali. Sehingga azas pembangunan yang berkeadilan dan pemerataan, bukanlah hal yang sulit untuk dicapai.

Beberapa visi-misinya dipaparkan dengan gamblang demi terwujudnya desa Trimulyo yang lebih Dinamis, Maju, dan lebih sejahtera. Antara lain, rencana pembanguan di bidang pertanian yang lebih terarah. Hal ini karena 80 % lebih warga Trimulyo berprofesi menjadi petani. “Insya Allah, semua pembangunan kami landasi dengan semangat Lilalhi Taala. Dan semoga semua elemen terkait bisa saling bekerja sama,” paparnya lagi.

Jadi dengan pembangunan berkelanjutan baru nantinya, harapannya masyarakat bisa diajak bersma-sama membangun desa dengan lebih rukun dan harmonis.

Selain bidang pertanian, pembanguna di bidang pendidikan juga menjadi salah satu prioritas bidikan dalam program pembangunannya. Karena hanya dengan pendidikan, bisa mencetak generasi yang lebih unggul dalam segalanya. Baik secara materi ataupun secara karakter kepribadian yang sesuai dengan budaya dan semangat masyarakat desa Trimulyo.

“Untuk yang paling dekat terkait pembangunan di bidang pertanian, yaitu Pompanisasi pertanian kita bikin resmi ijin dari BBWS Pemali juana dan memakai mesin tenaga listrik,” ujarnya kembali.

Menurutnya, jika sistem pengairan menjadi maju, petani juga akan ikut maju. Dan secara keseluruhan masyarakat desa Trimulyo juga akan menjadi makmur dan maju.

BACA JUGA  Baru Seminggu Dibeli Sepeda Motor Milik Jamris Raib Digondol Maling

Untuk itulah Suwandi, mengharap adanya kerja-sama dari seluruh elemen masyarakat yang ada. Sehingga semua bisa kompak bahu-membahu dengan dinamika pembangunan yang ada.

Terkait transparansi yang dimaksud. Ia berjanji selalu terbuka untuk informasi semua jenis dana bantuan atau pembangunan yang datang ke desa. Seperti bantuan dari pemerintah pusat, pemerintah kabupaten, ataupun dari swasta lainnya.

“Sasaran utama pembangunan, semoga bisa meningkatkan PAD dari BUMDES, seperti pembangunan BUMDES yang memanfaatkan tanah belakang Balai Desa. Selain itu lapangan Desa 1 ha setengahnya di bangun GOR dan yang setengahnya di bangun Hutan Desa atau Taman Desa,” tegasnya.

Tidak hanya itu, petahana Suwandi mengatakan nantinya sebelah timur lapangan Desa tanah Bondo Desa 1,5 ha juga akan di bangun Wahana Air / Kolam renang dan di kelola oleh Pemuda Karang Taruna yang Berbadan Hukum Resmi.

“Setiap tahun pemuda Karang Taruna kita Anggarkan Minimal 100 juta untuk Studi banding dan tambah modal BUMDES. Untuk itulah, dalam program nanti juga termuat konsep memindahkan lapangan yang belum standart agar bisa dipakai sebagai fasilitas yang memadai. Serta bisa dikelola dari Karang Taruna desa,” ujar Suwandi.

Sosok Suwandi, memang sudah tak asing bagi warga desa Trimulyo. Jelas ia sudah berpengalaman menjadi kepala pemerintahan desa selama satu periode. Untuk pesta demokrasi Pilkades di tahun ini, desa Trimulyo mempunyai sekitar 3000 suara lebih pemilih aktif. (gus/her/red slo)

 

Berikut Poin-Poin Utama Program Pembangunan Calon Petahana Kades Trimulyo Kecamatan Guntur Kabupaten Demak, Suwandi:

1. Pompanisasi pertanian kita bikin resmi ijin dari BBWS Pemali juana dan memakai mesin tenaga listrik. Demi meningkatkan perekonomian petani Desa Trimulyo

2. Proses percepatan pembangunan desa lewat kementrian PUPR Pusat, Propinsi dan Kabupaten, antara lain: Jembatan penghubung antar kabupaten Demak – Grobogan, dan Ganti untung tanah warga yang rencananya untuk pelebaran jalan yang sesuai dengan aturan perundangan yang berlaku.

3. Pembangunan BUMDES yang saat ini sumber PAD yang turun drastis seperti lelang tanah BONDO DESA yang sudah tidak begitu laku karena pertanian yang saat ini hasilnya kurang memuaskan. Pembangunan BUMDES yang memanfaatkan tanah belakang Balai Desa. Antara lain, lapangan desa 1 ha setengahnya di bangun GOR dan yang setengahnya di bangun Hutan Desa atau Taman Desa.
Sebelah Timur lapangan Desa tanah Bondo Desa 1,5 ha akan di bangun Wahana Air / Kolam renang dan di kelola oleh Pemuda Karang Taruna yang Berbadan Hukum Resmi. Selain itu, setiap tahun Pemuda Karang Taruna kita Anggarkan Minimal 100 juta untuk Studi banding dan tambah modal BUMDES.

4.UMKM yang secara tidak langsung bisa dipasarkan untuk ikut serta dalam BUMDES tersebut. Target BUMDES untuk ikut serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan ikut serta memajukan Pembangunan Desa Trimulyo.Target-target tersebut antara lain ;
– Satu rumah satu sarjana apa bila sudah menjadi Sarjana di harapkan bisa mengembangkan bidang Bumdes.
– BPJS yang di bayar mandiri di handle sama hasil BUMDES