oleh

Jalin Silahturahmi, SD Muhammadiyah Terpadu Masaran Adakan Pertemuan Dengan Wali Murid

SRAGEN – INFODESANEWS, Kegiatan pertemuan wali murid dengan pengelola Sekolah Dasar Muhammadiyah Terpadu (SDMT) Masaran, menghadirkan nasa sumber sekaligus Motivator dari  Direktur Sekolah Vokasi  UMS: Dr. Ir. Suranto. ST. MM. MSi, Sabtu (23/7). Kegiatan pertemuan wali murid dan stakeholder dihadiri para wali murid kelas 1 sampai kelas 6, sekitar 560 peserta, para ustadz dan ustadzah, komite dan dikdasmen wilayah Masaran.

Tema kegiatan membangun sinergi untuk mewujudkan sekolah berkemajuan. Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung IPHI Masaran, di mulai pukul 07.30-11.30 wib.  Acara dipimpin langsung oleh para ustadz dan ustadzah Pengelola SDMT Masaran, dalam sambutannya Kepala Sekolah Ustadz Andi Prasetiyo. SPi. SPd, menyatakan pentingnya menjaga ukhuwah, menjaga kebersamaan, mengikat tali silaturahmi antar siswa, antar wali murid sebagai media dalam membangun, sinergi dan kolaborasi keberadaan dan keberlangsungan SDMT.  Kesuksesan SDMT dan kelangsungannnya tergantung dari semua pihak yang terlibat dan keseriusan dalam pengelolaanya. Kegiatan pertemuan diawali dengan sambutan Kepala Sekolah, Dikdasmen Masaran, Komite Sekolah dan penampilan aksi murid murid (siswa) SDMT, dilanjutkan dengan motivasi untuk menambah semangat belajar menghadapi tahun ajaran baru.

Dr.Ir. Suranto. ST. MM. MSi dalam pesannya menyampaikan pentingnya pembekalan bagi siswa, orangtua dan pengelola dalam menghadapi persaingan (Competitiveness, Complexity dan Change) di era milenial ini. Pemateri juga menyampaikan tanggungjawab bersama dalam mendidik dan membangun karakter siswa: peran orangtua wali, guru (ustadz-sutadzah), lingkungan, sekolah dan pribadi masing-masing.

Bagaimana solusi menghadapi kondisi diera milenial ini, agar siswa dan generasi kedepan lebih unggul, cerdas, berkarakter dan berkemajuan diurai dengan baik. Hal ini juga disampaikan tentang ayatnya: “Dan hendaklah kalian takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka” (Q.S. Annisa: 9)

BACA JUGA  UNDHA AUB Mewisuda 169 Lulusan, Rektor Ajak Wujudkan Perguruan Tinggi Berbasis Sains dan Teknology Berbasis Kompetensi Global

Generasi kedepan jangan sampai: lemah moralnya, lemah ilmunya, lemah fisiknya, lemah akhlaqnya, lemah aqidahnya, lemah hati dan ekonominya. Diharapkan siswa memiliki kesadaran, motivasi dan semangat yang tinggi dalam belajar. Orang tua juga memberikan motivasi dan pemahaman bagi anaknya dengan cara yang bijak dan beradab, agar anak memiliki prestasi sesuai dengan potensi, berakhlaq mulia, berprestasi, bermanfaat bagi sesama. Hal ini sesuai visi dan misi SDMT, menjadikan lulusan yang berakhlaq dan berkarakter islami  dan unggul dalam prestasi keilmuan dan sains teknologi.

Melalui motivasi dan pertemuan wali siswa diharapkan adanya sinergi dan peran bersama dalam membangun kecerdasan, perilaku, karakter dan pengetahuan, ketrampilan siswa. Rasa kepemilikan wali murid terhadap SDMT dalam rangka meningkatkan kepercayaan, meningkatkan mutu lulusan dan peningkatan motivasi belajar siswa agar lebih optimis, istiqomah dan yakin dalam meraih cita-cita siswa.

Pendidikan yang dilakukan di SDMT telah menggabungkan ilmu agama dan ilmu sains teknologi dalam rangka mendukung pembentukan kepribadian, karakter dan mental serta keilmuwan siswa. Materi disampaikan oleh motivator dengan gaya jenaka dan permainan yang bermakna filosofis untuk mendorong orangtua wali, ustadz-ustadzah agar lebih semangat dalam mendidik siswanya kedepan.

Kegiatan diikuti sekitar 560 orangtua wali tersebut, dilaksanakan di gedung IPHI Masaran di ikuti dengan seksama, fokus dengan suasana yang sangat menyenangkan. Kegiatan seperti ini sangat menginspirasi, memberikan motivasi, memberikan penyegaran dan mampu menambah wawasan dan semangat pemahaman keilmuan dan keagamaan”  menurut H. Suyatno (Peserta Kegiatan). (anto/h/red slo)