Pertemuan Lintas Sektor 3 Pilar Support Kualitas dan Kuantitas Kesehatan

INFODESA91 Dilihat

LUWU UTARA(SULSEL), INFODESANEWS – Pertemuan lintas sektor triwulan ketiga diadakan di aula Kantor Kecamatan Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara(Lutra), Sulawesi-Selatan(Sulsel), dan pertemuan tersebut diikuti Danramil Masamba-Mappedeceng Kapten Waskito, Kapolsek Kapolsek Mappedeceng Iptu Junaedi, Kasi Trantib Yusup Palang Pemerintah Kecamatan Mappedeceng, Kantor Urusan Agama(KUA) dan Kepala UPTD Puskesmas Mappedeceng Ketut Gunawan, para Kepala Desa dan perwakilan kader posyandu dari setiap Desa.

Hal ini disampaikan Camat Mappedeceng Kadri Tasran melalui Kasi Trantib Yusup Palang pada media ini, Rabu(2/10/2019) sore, bahwa kegiatan lintas sektor ini bagaimana membangun komitmen, menyatukan visi ditingkatan pemangku kepentingan untuk bersinergi dalam kesehatan warga dan pencegahan stanting dan sampah limbah rumah tangga dengan membuat bank sampah.

Sementara penjelasan Kepala Dinas(Kadis) Kesehatan Lutra Andi Muh Nasrum bahwa, tujuan pertemuan(loka karya mini) lintas sektor adalah mengkaji hasil kegiatan lintas sektor, membahas dan memecahkan masalah serta menyusun rencana kerja triwulan berikutnya.Pertemuan lintas sektor/loka karya mini lintas sektor merupakan penggalangan tim, dengan membangun pengorganisasian yang efektif dalam mekanisme koordinasi yang baik.

” Dengan pentingnya loka karya mini lintas sektor sebagai media koordinasi dan komunikasi, sekaligus keterkaitan antara dunia kesehatan dengan mediasi lintas sektor saat ini,” tutur Andi Muh Nasrum.

Kadis Kesehatan menambahkan, masukan loka karya mini lintas sektor, terdiri dari penggalangan tim yang dilakukan melalui kelompok, informasi tentang program lintas sektor, Informasi tentang program kesehatan dan Informasi tentang kebijakan program dan konsep baru. Untuk prosesnya sendiri, terdiri inventarisasi peran bantu masing-masing sektor, analisis masalah peran bantu dari masing-masing sektor dan pembagian peran dan tugas masing-masing sektor.

” Sedangkan untuk keluaran, terdiri dari kesepakatan tertulis lintas sektor terkait dalam mendukung program kesehatan dan rencana kegiatan masing-masing sektor,” jelasnya.

Sebagaimana lokakarya bulanan Puskesmas maka lokakarya triwulanan lintas sektoral merupakan tindak lanjut dari lokakarya penggalangan kerjasama lintas sektoral yang telah dilakukan dan selanjutnya dilakukan tiap triwulan secara tetap. Penyelenggaraan dilakukan oleh Camat dan Puskesmas dibantu sektor terkait di kecamatan.

” Kapten Inf Waskito mengingatkan, pentingnya kerukunan antar umat beragama, demikian juga Iptu Junaedi, memberikan paparan mengenai Narkoba dan bahayanya, serta sosialisasi peraturan perundang-undangan yang berlaku agar masyarakat dapat secara bersama-sama mencegah bahaya Narkoba, terutama kepada generasi muda.(yustus)