Pertahankan Tradisi Ruwat Desa, Pemdesa Rawa Selapan Gelar Wayang Kulit

INFODESA122 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Sebagai ucapan syukur, Pemerintah Desa Rawa Selapan Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan, menggelar sholawatan dan pagelaran wayang kulit dalam tradisi yang disebut ruwat desa, tradisi tersebut dilakukan untuk peringati hari jadi desa yang ke 55 tahun sekaligus memperingati bulan Muharram.

Kegiatan Ruwat Desa sekaligus peringati hari jadinya yang ke 55 tahun 2024 dipusatkan di dusun 5 desa setempat, Sabtu (27/7/2024)

Kepala Desa Rawa Selapan Dwi Sujarwo mengatakan ruwat desa ini tidak sekadar sebagai ungkapan terima kasih, tapi juga rasa syukur dan mendoakan para leluhur. “Selain itu, untuk menjaga silaturahmi antara sesama warga.”kata dia.

Menurutnya ruwat desa mewarisi dan melestarikan budaya yang dilakukan leluhur. Ini merupakan kearifan lokal yang tidak bisa ditinggalkan oleh warga.

la juga mengingatkan kepada seluruh warga Desa Rawa Selapan untuk terus menjaga kelestarian budaya lokal untuk menjaga persatuan dan kesatuan antara umat beragama. Terlebih menjelang pelaksanaan pesta demokrasi Pilkada, harus tetap hidup guyub rukun. Jangan mudah terpecah belah, terprovokasi. Meskipun beda pendapat, harus tetap jaga toleransi.

Meskipun saat ini telah dimasa era digital, tapi ruwat desa ini masih menjadi akar budaya yang terus dilestarikan oleh masyarakat.

“Kegiatan ini sebagai ikhtiyar warga dalam berkirim doa. Harapannya untuk memohon keselamatan desa dan warganya, keberkahan rejeki kedepannya,” ujarnya.  (red)