oleh

Peristiwa Heroik di Sanga-Sanga Ke 72

 

SAMARINDA – INFODESANEWS  Peristiwa heroik di Sanga-Sanga pada 27 Januari 1947 silam yang di kenal sebagai peristiwa Merah putih di peringati dalam Upacara Parade yang di gelar di lapangan  Sepak bola pertamina Jln.Sudirman Kel. Sanga-sanga Kec. Sanga-Sanga Kab. Kutai Kartanegara yang dilakukan setiap tahunnya untuk mengenang para pejuang yang  ada di Sanga-Sanga, Minggu (27/1/2019).

Upacara yang di pimpin langsung oleh Gubernur Kaltim Dr.Ir.H.M.Isran Noor M.si dan sebagai Komandan Upacara Mayor Inf Muhamad Edi .S.Ip,. Upacara peringatan Merah putih di hadiri pula oleh Danrem 091/Asn Brigjen TNI Widi Prasetijono, Kasi Pers Korem 091/Asn Kol Inf. Andi. K, Kadis Log TNI AU Letkol Pujiono Widodo, Dan Lanal Kolonel Laut (P) Wahyu Cahyono, Dandim 0906/Tgr Letkol Czi Bayu Kurniawan,S.E,M.Tr.(Han), Kabit Humas Polda Kombes Pol Ade Yaya Suryana S.i.k Ketua DPRD Prov Kaltim H. M Sahrum, Wakil Ketua DPRD Guntur S.sos, M.si, Plt Bupati Kukar Drs Edi Damansyah Msi, pejabat forum kordinasi pimpinan daerah, para veteran, tokoh pemuda dan tokoh Masyarakat sanga-sanga.

Agenda tahunan tersebut dihadiri sekitar 500 peserta terdiri dari TNI, Polri, PNS, guru, dan siswa. Ribuan masyarakat setempat turut berbondong-bondong menyaksikan langsung upacara di Kota Juang tersebut.

Gubernur Kaltim Dr.Ir.H.M.Isran Noor M.si. mengatakan “Kita patut bersyukur karena kota ini menjadi salah satu kota bersejarah. Sebagai bangsa yang besar, kita harus menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Saya atas nama Pemerintah Provinsi Kaltim dan masyarakat mengucapkan terima kasih atas segala pengorbanan orang tua dan pendahulu yang telah berjuang pada 72 tahun silam,” tutur Isran Noor saat memberikan amanat.

Sebagai bangsa yang besar, harus menghargai jasa para pahlawan. Kemudian harus dikenang. Terutama jiwa dan semangat patriotisme tidak boleh terkikis atau menjadi luntur. “Mari kita berdoa semoga Allah SWT selalu melindungi dan memberikan keberkahanNya kepada kita semua,” tutur Isran pada peringatan yang mengangkat tema “Kita Bangkitkan Semangat Persatuan dan Kebersamaan Mewujudkan Pembangunan Menuju Kesejahteraan Rakyat Kutai Kartanegara”, Terangnya.

Rangakain peringatan Peristiwa Merah Putih Sangasanga ditandai pula dengan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Wadah Batuah, Ramah Tamah dengan Veteran dan Peresmian Pendopo Kubur Situs Gunung Selendang. Selain itu selesai upacara juga digelar penampilan marching band dan pertunjukan teater perjuangan kemerdekaan.*** Murdi

Berita