Peringati Hari Jadi Ke-51 KNPI Gelar Aksi Donor Darah

INFODESA118 Dilihat

LAMPUNG, INFODESANEWS –Memperingati hari lahir ke-51, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Lampung menggelar aksi sosial donor darah di Aula DPD KNPI Lampung pada Selasa, 23 Juli 2024.

Acara bertema “Sejuta Darahmu Sejuta Harapan” ini diikuti berbagai organisasi kepemudaan dan masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Ketua KNPI Lampung, Iqbal Ardiansyah, mengatakan bahwa aksi ini menunjukkan keseriusan pemuda dalam gerakan sosial yang berpihak pada masyarakat.

“Hari ini, ulang tahun KNPI, pemuda khususnya KNPI Lampung mengajak masyarakat untuk terus berkontribusi dalam gerakan sosial demi manfaat bersama,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bung Iqbal menambahkan, momentum ini diharapkan dapat mendorong pemuda untuk terus memberikan kontribusi positif bagi kemajuan bangsa. “Pemuda adalah penentu arah bangsa ini,” katanya.

Sementara itu, Kordinator PMI Lampung, Dr. Eko, mengapresiasi kolaborasi KNPI dengan PMI dalam kegiatan donor darah ini. “Selamat ulang tahun KNPI, hari ini kita berkolaborasi untuk donor darah,” kata Eko.

Ia menerangkan bahwa manfaat donor darah bagi kesehatan, seperti menjaga kesehatan jantung, membantu sirkulasi darah, dan mencegah penuaan dini.

“Banyak sekali manfaatnya seperti, menjaga kesehatan jantung, membantu membakar kalori, membantu sirkulasi darah, menurunkan potensi resiko kanker, pembaruan sel sel darah rutin, meningkatkan kesehatan psikologi dan mencegah penuaan dini,” tambahnya.

Dr. Eko juga mengajak masyarakat untuk saling membantu melalui donor darah, mengingat kebutuhan darah yang tinggi namun sering kali stoknya kurang. “Setiap hari kita butuh 400 kantong darah, tetapi persediaan hanya sekitar 200an. Partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan,” ujar Eko.

Adapun selain donor darah, rangkaian kegiatan KNPI Lampung juga akan menggelar acara potong tumpeng pada malam refleksi 51 tahun KNPI nanti malam dan Pemuda Run pada 18 Agustus mendatang.(Ronald)