Perbaikan Infrastruktur Kecamatan Seko Sangat Penting Bagi Perembuhan Ekonomi

NASIONAL158 Dilihat

LUTRA, INFODESANEWS.COM – Perbaikan infrastruktur ke Kecamatan Seko Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Sulawesi-Selatan (Sulsel), sangatlah berdampak positif bagi masyarakat Seko, baik dari segi pertumbuhan ekonomi dan akses jalan yang mudah di lalui.

Hal ini di tuturkan Sekretaris Yayasan Masyarakat Seko Bersatu (YMSB), Awal Bangai pada media infodesanews.com, Kamis (2/1/2020) malam, bahwa perkembangan Zaman akan terus berjalan seiring berjalan nya waktu, dan di situ pula lah akan muncul berbagai macam tantangan menghadapi perkembangan zaman dan kemajuan teknologi (IT).

“Awal Bangai, ini akan menjadi fakta lapangan di kemudian hari dan tentunya itu yang akan menjadi tantangan Masyarakat Seko saat ini, hingga tidak terbawa arus jadi penonton di kampung sendiri,” ucapnya.

Nah putra Seko dari Desa Hoyane ini, menyampaikan pada seluruh warga Seko di kampung sendiri, diperantauan bahkan didaratan Tana Luwu, Apa yang harus di siapkan untuk menghadapi perkembangan Zaman? Apalagi infrastruktur ke Seko nantinya di aspal semua sampai ibukota Kecamatan.

Awal Bangai memberikan motivator yakni, pertama kita mempersiapkan diri dari segi peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), baik Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Mental, baik fisik dan rohani, kedua mempersiapan diri dari kelengkapan dokumen berharga seperti status tanah yang sah secara hukum, ketiga mempersiapkan dan mendorong percepatan pemetaan tata ruang wilayah Seko secara sah pengakuan Tana Adat dan Masyarakat Adat. Ke empat, mempertahankan kearifan lokal budaya di masyarakat, ke lima mengelolah lahan yang masih berpotensi Perkebunan dan Persawahan, serta ke enam mendorong percepatan tapal batas Desa, Kecamatan dan Provinsi yakni Sulawesi-Selatan, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah.

“Hal ini guna menghindari provokasi-provokasi yang berujung pada Konflik Sosial, karena Kecamatan Seko kaya akan Sumber Daya Alam(SDA) nya,” pungkas Sekretaris YMSB. (yustus)

Berita Terkait

Baca Juga