Perangkat Desa Kabupaten Blora Study Banding Tata Kelola Kearsipan Desa

INFODESA82 Dilihat

BLORA, INFODESANEWS – Dalam rangka Pengembangan SDM aparatur pemerintahan desa dalam pengelolaan kearsipan desa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Blora melaksanakan Study banding 1 hari ( 24 – 25 April 2019 ) ke Desa dukuhdungus Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo Jawa Tengah.

Wahyu sembodo SE Kasi pembinaan arsip dinas perpustakaan dan kearsipan kabupaten Blora pada Infodesanews mengungkapkan Dengan dilaksnakannya study banding ini di harapkan dapat meningkatnya SDM aparatur perangkat desa di desa se – Blora dengan memenuhi standart Kearsipan seperti yang tercantum dalam UU nomor 43 tahun 2009 tentang Kearsipan.

Pemilihan Desa Dungus Kecamatan Grabak Kabupaten Purworejo Jawa Tengah tidak serta merta asal – asalan, namun telah di kaji dengan mengumpulkan sejumlah  rekomendasi dinas terkait tentang desa mana yang tata kelaola kearsipan yang telah baik sebagai rujukan study banding.

“ Kita mengharapakan pengelola kearsipan tingkat desa nantinya akan lebih meningkatkan tata kelola arsip yg baik sesuai undang undang dan perda tentang kearsipan di wilayah masing – masing,” ungkapnya.

“ Dengan kegiatan orientasi lapangan, dapat memberikan dorongan, motifasi kepada desa – desa yang melaksankan pelatihan ini agar mampu melakukan pembenahan tata kelola arsip yang baik,” ujarnya lagi.

Tarso ( Perangkat Desa Dari kecamatan Kunduran – Blora ) ketua Study banding juga mengungkapkan betapa pentinnya kunjungan study banding tersebut, akan dapat menjalin silaturahmi yang baik antar Kantor Pemerintahan dan dapat menambah pengetahuan.

“ Kegiatan ini kami berharap dapat di laksankan lagi di kemudian hari, selain sebagai ajang silaturohmi antar perangkat desa, study banding  ini kita gunakan sebagai ajang untuk dapat saling berbagi informasi mengenai hal – hal yang terkait dengan kearsipan,” pungkasnya.*** Red