Peran Ormas Ciptakan Kondusifitas Aman Pilkada Provinsi Lampung Selatan

INFODESA94 Dilihat

Lampung Selatan, Infodesanews.com – Kapolisian Resor Lampung Selatan. menggelar Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka guna mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Lampung. tahun 2018.

Focus Group Discussion dengan Tema Peran Ormas dan Pemuda Menjaga Stabilitas Kamtibmas,yang dihadiri, pimpinan Ormas, ketua Lsm, Ketua PWI Lampung Selatan, tokoh Pemuda, tokoh Agama, Akademis, Panwaskab, dan KPU Lampung Selatan. yang dilaksanakan di Aula Negeri Baru Resort (NBR) Kalianda, Selasa (24/4).

Kapolres Lamsel AKBP M. Syarhan dalam hal ini yang diwakili Kabagren.Marwan Holid mengatakan, peran ormas dan pemuda sangat penting dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dalam mensukseskan Pilkada Provinsi Lampung 2018. yang akan datang.”ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Polres Lampung Selatan menghadirkan empat narasumber yakni, Dr (can) H. Suryani M. Nur Wakil Majelis Ulama Indonesia (MUI) provinsi Lampung, Dr.Robi Cahyadi, K.M.A mewakili Dekan Fisip Universitas Lampung, dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (kesbangpol) Kabupaten Lamsel. M. Darmawan.

H.Suryani M. Nur, menuturkan bahwa peran tokoh agama diperlukan dalam meredam isu Suku, Agama, Ras dan Antar golongan (SARA) dengan mengeluarkan pernyataan yang menyejukan.

“Masyarakat agar lebih rasional dalam memilih berdasarkan rekam jejak yang baik, tidak korupsi, mencintai rakyat, tidak menyalahgunakan kekuasaan dan berkomitmen keadilan.”tuturnya. lanjutnya “MUI tanggal 1 maret 2018 telah mengeluarkan maklumat agar umat Islam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan cara memelihara kebhinnekaan, ketertiban, kebersamaan, dan toleransi, ” terangnya.

Sementara itu Dr Robi Cahyadi, K.M.A mengatakan dalam upaya meningkatkan pastisipasi pemilih dengan cara meningkatkan pendidikan pemilih, memberikan informasi tahapan Pilkada, menghilangkan regulasi yang rumit.

“Memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk berpastisipasi dalam pilkada dan kerjasama penyelenggara pemilu dengan civil society sebagai upaya menciptakan pemilu berintegritas dan berkualitas,”jelasnya.

M. Darmawan, menambahkan Ormas di lamsel Saat ini berjumlah 101 Ormas yang resmi terdaptar di Dinas yang dia pimpin.

“Saya menghimbau kepada pimpinan Ormas dan Pemuda untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas di Kabupaten Lamsel menjelang Pilkada Lampung 2018. sehingga suasana sebelum dan setelah pilkada tetap aman kondusip,”imbuhnya. (SG)