Penyakit Lato Lato Pada Sapi Kembali Muncul

INFODESA589 Dilihat

LAMPUNG SELATAN,INFODESANEWS – Penyakit Lato-lato Kembali Muncul, Pedagang-Peternak Sapi Yang Ada Di Dusun 003 Desa Trimomukti Kecamatan Candipuro kabupaten Lampung Selatan Resah

Wiji (40) warga dusun 3 Desa Trimomukti Kecamatan Candipuro mengatakan, munculnya kembali penyakit lato lato di hewan khusus sapi sangat meresahkan para pemilik ternak sapi.

“Penyakit lato-lato kembali muncul dan sangat meresahkan khususnya para pemilik ternak sapi.”kata dia pada infodesanews.com,Jum’at ( 21/6/2024 ).

Munculnya penyakit kulit berbenjol atau lumpy skin disease (LSD) ini perlu mendapatkan perhatian. Sebab, dapat menular ke ternak lainnya.

Menurutnya jika tidak tertangani, lato-lato atau kulit berbenjol akan mudah meletus. Jika meletus akan mudah dihinggapi lalat. Lalat inilah yang kemudian dapat menyebarkan ke ternak lain.

“Kalau tidak tertangani, sapinya bisa kurus. Bahkan, kalau parah bisa mati mas,”ujarnya.

Ia juga mengatakan sapi miliknya  terkena penyakit lato-lato.

“Saya berharap adanya peran pemerintah khususnya dinas peternakan dan kesehatan hewan dapat segera melakukan vaksin hewan. Makanya saya menyampaikan komunikasi, informasi, dan edukasi kepada para peternak. Agar tidak takut sapinya divaksin,” ujarnya.

“Padahal kandang milik kami sangat bersih dan penyemprotan pun saya rutin tapi gimana lagi mas yang nama nya penyakit lato lato saya sendiri yang punya ternak tidak tau, dan tau tau saya melihat ternak sapi saya ada banyak benjolan di hewan sapi milik saya sendiri,” Tutupnya ( Bambang ).