Pemkab. Lutim Dukung Gerakan Gemar Membaca

PENDIDIKAN157 Dilihat

Lutim,Infodesanews-Pemerintah Kabupaten Luwu Timur ( Lutim) berkomitmen mendukung gerakan gemar membaca guna meningkatkan minat dan budaya baca sekaligus untuk meningkatkan wawasan bagi generasi muda.

“ Pemerintah Daerah Lutim sangat berkomitmen untuk mengembangkan kegemaran membaca. Salah satunya dengan pembangunan Gedung Perpustakaan yang megah, lengkap dengan berbagai fasilitasnya yang menelan anggaran mencapai Rp 10 Miliar yang akan dimulai tahun 2020 mendatang “ Kata Husler ketika membuka acara Roadshow Pengembangan Kegemaran Membaca yang di Aula Sasana Praja Kantor Bupati, Kamis (07/11), yang merupakan kerjasama antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Luwu Timur dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, dengan mengusung tema ” Transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial menuju Luwu Timur Terkemuka 2021″

Menurut Bupati, dengan semakin banyaknya masyarakat yang membaca maka akan menambah pengetahuan dan wawasan dan hasil akhirnya diharapkan tercipta masyarakat yang cerdas.

Untuk itu, Ia berharap agar pemerintah desa aktif mendorong masyarakat untuk memanfaatkan perpustakaan desa.

Sementara Kepala Bidang Pembinaan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Ahmad Saransi mengatakan literasi masyarakat Luwu sudah sejak lama dimulai yang dibuktikan dengan naskah i Lagaligo  yang terkenal di dunia.

Program kegemaran membaca kata Ahmad Saransi akan terus digalakkan. Bahkan kedepan akan dikembangkan pojok baca digital sebagai bentuk pelayanan perpustakaan diera transformasi digital. Ia juga berharap agar pemerintah daerah terus memberi dukungan pengembangan budaya literasi dimasyarakat.

Pada kesempatan ini , Bank Pimpinan Bank Sulsel cabang Malili menyerahkan satu unit motor baca kepada Bupati Luwu Timur. Selain itu juga diserahkan piagam penghargaan kepada dua penulis buku Novel dan cerita rakyat asal Luwu Timur yakni Sinar Mentari dan Musly Anwar serta penyerahan penghargaan kepada juara lomba perpustakaan desa tingkat Kabupaten Luwu Timur.

Hadir mendampingi Bupati, Anggota DPRD, Hj Harisah Suharjo, Sekda Luwu Timur, H Bahri Suli, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu Timur.

Sementara peserta roadshow terdiri dari Kepala Sekolah, Pengelola Perpustakaan Desa dan Sekolah, komunitas literasi, para pelajar SMA sederajat.

Dalam roadshow ini juga dilakukan talkshow dengan topik utama Pengembangan Kegemaran Membaca, dengan menampilkan narasumber masing-masing ; Harisa Suarjo, Ketua Komisi I DPRD Luwu Timur, Sekretaris Dewan Pendidikan Lutim, Hj.Haslinda Dohri, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Lutim, Satri dan Kabid Pengembangan Perpustakaan, Dinas Perspustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulsel, Andi Ahmad Saransi. (yul)

 

Berita Terkait

Baca Juga