Pemkab Lamsel Raih Penghargaan Katagori The Best Community Building di Ajang Tribun Award 2022

INFODESA125 views

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan berhasil meraih penghargaan kategori The Best Community Building, pada ajang Tribun Lampung Award 2022 dengan tema UMKM Hebat.

Penghargaan diserahkan oleh Pimpinan Umum Tribun Lampung Hadi Prayogo kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan Thamrin, pada acara Tribun Lampung Award 2022 yang dirangkai dengan acara Festival UMKM di Lapangan Saburai Enggal, Bandar Lampung, Rabu (10/8/2022).

Penghargaan ini diterima oleh Pemkab Lampung Selatan karena telah berhasil membangkitkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) pasca pandemi melalui kegiatan UMKM Fair yang digelar di 17 Kecamatan se-Kabupaten Lampung Selatan.

CEO Tribun Network Dahlan Dahi mengatakan, pemberian penghargaan Tribun Lampung Award 2022 ini merupakan bentuk dukungan dari Tribun Lampung, atas dedikasi para pemangku kepentingan dalam menggeliatkan ekonomi daerah melalui UMKM.

Dilain sisi, kata Dahlan, Tribun Lampung juga ingin turut serta mendorong para Kepala Daerah se-Provinsi Lampung, BUMN, BUMD, Perusahaan Swasta dan Nasional agar prorakyat dan membantu membangkitkan UMKM di wilayah masing-masing.

Program ini bertema pemulihan dari pandemi COVID-19. Tujuan dari Tribun Lampung Award 2022 ini adalah memberikan penghargaan kepada kepada Kepala Daerah, BUMN, BUMD, Perusahaan Swasta dan Nasional yang memiliki program memberdayakan ekonomi UMKM,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim menyampaikan apresiasi yang sangat luar biasa kepada Tribun Lampung, yang telah berhasil menyelenggarakan acara Tribun Lampung Award 2022 yang dirangkai dengan Festival UMKM.

Menurut Chusnunia, kegiatan ini merupakan perwujudan gotong royong dari seluruh pemangku kepentingan, dalam membantu membangkitkan perekonomian nasional akibat pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia selama lebih dari 2 tahun terakhir.

“Terimakasih Tribun Lampung yang telah memfasilitasi UMKM se-Provinsi Lampung, tema hari ini adalah UMKM Hebat, terimakasih tema yang menyemangati. Alhamdulillah syukur, kita malam ini berkumpul bersama dalam acara Tribun Award dan Festival UMKM,” ujarnya mewakili Gubernur Lampung.

BACA JUGA  Kapal Patroli, Satpolairud Polres Jepara Gelar Tabur Bunga di Laut

Wanita yang akrab disapa Nunik ini juga menjelaskan, selama 2 tahun terakhir Indonesia termasuk Provinsi Lampung, mengalami turbulensi atau ketidakstabilan dalam segala sektor akibat pandemi COVID-19.

Oleh karena itu, dirinya berharap, tahun 2022 bisa menjadi moment bagi Provinsi Lampung untuk bangkit, baik secara ekonomi, sosial, pendidikan dan kesehatan.

“Tahun-tahun mendatang semoga jangan ada lagi lah, turbulensi seperti 2020-2021 kemarin, karena itu cukup lumayan tantangannya. Semua berefek, pembangunan juga agak tersendat sedikit, apalagi sektor ekonomi. Namun, UMKM kita alhamdulillah dapat bertahan,” ujar Nunik lebih lanjut.

Atas penghargaan yang berhasil diraih tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan Thamrin, mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam membangkitkan UMKM di Kabupaten Lampung Selatan.

Penghargaan yang diterima tersebut, lanjut Thamrin, menjadi tantangan tersendiri kedepan. Penghargaan ini menjadi penyemangat untuk lebih mengangkat dan mengembangkan produk-produk lokal Lampung Selatan.

“Ini suatu penghargaan yang luar biasa dan akan memacu kita untuk lebih giat lagi untuk memajukan UMKM di Lampung Selatan. Atas nama Bupati Lampung Selatan saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Tribun Lampung,” katanya.

Thamrin berharap, kegiatan Tribun Lampung Award dan Festival UMKM tersebut kedepannya dapat terselenggara di seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung. Sehingga, pertumbuhan UMKM melalui acara tersebut bisa dirasakan secara merata.

“Mudah-mudahan kedepan Festival UMKM ini bisa diselenggarakan diseluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung, salah satunya Kabupaten Lampung Selatan,” terang Thamrin. (Red)