Pemkab Lamsel Mulai Lakukan Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil

NASIONAL82 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Sebagai upaya pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19, di Kabupaten Lampung Selatan bakal dilaksanakan vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil.

Hal tersebut diketahui setelah Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto secara resmi melakukan pencanangan vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil sekaligus menyaksikan penyuntikan dosis pertama bagi hamil yang dipusatkan di Puskesmas Way Urang, Kalianda, Rabu (15/9/2021).

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Lampung Selatan Joniansyah, Ketua IBI Lampung Selatan serta Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Lampung Selatan Yani Thamrin.

Kepala Dinas Kesehatan Lampung Selatan, Joniansyah mengatakan, tujuan pelaksanaan vaksinasi tersebut adalah untuk menurunkan penularan Covid-19 pada bumil.

“Sasaran kegiatan vaksinasi ini adala 5.000 ibu hamil yang ada di Kabupaten Lampung Selatan,” kata Joni dalam penyampaiannya.

Sementara itu, Duta Swasembada Gizi Kabupaten Lampung Selatan, H, Winarni Nanang Ermanto, sangat mengapresiasi dan merasa bersyukur dengan pencanangan vaksinasi bagi bumil.

“Ini acara yang kita tunggu-tunggu. Dimana ibu hamil dan menyusui bisa mengikuti program vaksinasi Covid-19.”ucapannya.

Ia juga meminta kepada semua pihak agar melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi bagi bumil di Lampung Selatan.

“Untuk ibu hamil segera di vaksin. Dengan mempertimbangkan tingginya jumlah ibu hamil yang terinfeksi Covid-19 dan tingginya risiko bagi ibu hamil jika terinfeksi Covid-19 menjadi berat serta berdampak pada kehamilan serta bayinya,” kata Bunda Win sapaan akrabnya.

Adapun, upaya pemberian vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil tersebut juga telah direkomendasikan oleh Komite Penasehat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI). Dan pada tanggal 2 Agustus 2021 telah dilakukan mempersembahkan vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil sebanyak 2 dosis dengan interval 28 hari,” tutupnya.

Sementara itu, pelaksanaan pencanangan vaksinasi Covid-19 bagi bumil itu juga dilaksanakan secara virtual yang diikuti oleh seluruh Tim Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Kepala UPT Puskesmas, dan Bidan Desa se-Kabupaten Lampung Selatan.

Pada kesempatan tersebut Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermato juga berkesempatan mengunjungi langsung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di bumi. (Red) sumber kominfo