Pemkab Lamsel Atasi Terjadinya Banjir, Lakukan Pengerukan Sungai-Sugai

INFODESA77 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Di musim penghujan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan terus bekerja tanpa henti untuk melakukan langkah-langk dalam mengatasi dampak banjir.

Hal tersebut terbukti dengan yang dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Selatan dengan menerjunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) disejumlah wilayah yang terkena bencana banjir, diantaranya di Kecamatan Ketibung, TRC telah melakukan pengerukan di saluran air yang membelah Desa Rangai Tritunggal. Tim juga menangani warga terutama lansia yang rumahnya terdampak banjir. Jum,at (17/12/2021)

Selain itu Dinas Kesehatan juga telah menerjunkan sejumlah Tenaga Kesehatan (Nakes), melakukan pememeriksaan terhadap kondisi warga untuk memastikan tak ada dampak lanjutan pasca banjir kemarin, Kamis (16/12/2021).

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Lamsel Dulkahar menjelaskan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak Dinas PU untuk menurunkan alat berat. Hal itu untuk mengurai banjir agar cepat surut. Saat ini, alat berat sedang beroperasi di lokasi banjir yang berada di Desa Rangai Tritunggal Kecamatan Katibung.

Dirinya juga menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Lampung Selatan, yang berada di wilayah setiap tahun mengalami banjir untuk dapat waspada dan tetap tenang. Sebab pada bulan Desember cuaca dengan intensitas hujan yang tinggi. “Tentunya kita tetap mengantisipasinya dan waspada selain itu juga harap tetap tenang,” ujarnya.

Sementara itu Kadis Kominfo Lampung Selatan, M. Sefri Masdian memastikan bahwa Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan tetap hadir melayani masyarakat. Apalagi dimusim pancaroba seperti sekarang ini.

“Pemerintah Daerah tetap hadir, wajib melayani masyarakatnya. Kita lihat saja, di Katibung dan Kecamatan lain yang terkena banjir, Pemkab Lamsel tetap melayani warganya. Tidak betul kalau dikatakan Pemkab berleha-leha dan pergi menghabisi anggaran melupakan warganya. Bapak Bupati Nanang Ermanto tetap bekerja dan melayani rakyatnya,” ungkap Sefri Masdian.

Ditempat terpisah, Ibu-ibu warga Rangai Tritunggal mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Pemkab Lamsel. Seperti terlihat dalam video yang didapat dari Diskominfo Lamsel.

“Kami warga Rangai Tritunggal mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan BPBD Lampung Selatan, TRC, Dinas Kesehatan, Damkar, TNI-Polri yang telah merespon laporan kami, semoga BPBD Lampung Selatan semakin jaya,” pungkasnya. (rilis)