Pemkab Lampung Selatan Gelar Upacara Hari Santri

INFODESA, NASIONAL177 Dilihat

LAMPUNG SELATAN,  INFODESANEWS – Hari Santri Nasional diperingati setiap tahun yang jatuh pada tanggal 22 Oktober setiap tahunnya.

Peringatan Hari Santri sejatinya tidak terbatas untuk kalangan pesantren saja, namun diharapkan bisa menjadi ajang untuk meningkatkan toleransi di kalangan santri, umat Islam, dan seluruh bangsa Indonesia.

Peringatan hari santri kali ini mengusung tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan.

“Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan adalah bahwa santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia.

“Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara,”kata Menteri Agama,Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Lampung Selatan H Nanang Ermanto saat memimpin jalanya upacara Hari santri tahun 2022 yang dipusatkan di Lapangan Korpri, Pemda setempat,Sabtu (22/10/2022).

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Warga Palem 2 Purbayan Dapat Penyuluhan dan Paket Herbal dari Tim PKM UMS

Dalam sambutannya Yaqut Cholil Qoumas, bahwa peringatan Hari Santri bukanlah milik santri semata, hari santri adalah milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan.

“Karena itu, saya mengajak semua masyarakat Indonesia, apapun latar belakangnya, untuk turut serta ikut merayakan Hari Santri. Merayakan dengan cara napak tilas perjuangan santri menjaga martabat kemanusiaan untuk Indonesia,” kata Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutannya yang bacakan Nanang Ermanto dalam peringatan hari santri.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
TNI - Polri dan Pemkab Pati Gowes Bersama

Diakhir sambutannya, Nanang mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiai, santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama.

“Semoga arwah para pahlawan bangsa ditempatkan yang terbaik di sisi Allah subhanahu wa ta’ala. Amin,” pungkasnya.

Upacara peringatan hari santri yang dipusatkan di Lapangan Korpri pemerintah daerah setempat itu diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara, THLS serta para santri Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan. (Red)