Pemkab Blora Dorong Produk Lokal Melalui Sistem E-Katalog 

INFODESA131 Dilihat

BLORA, – INFODESANEWS –  Untuk memudahkan proses pengadaan barang dan jasa, Sekda Kabupaten Blora mendorong setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) UMKM dan Pengusaha Lokal menggunakan e-katalog yang diadakan di Gebyar Ramadhan Alun-alun Blora, Jawa Tengah.

Kepala Bagian Pengadaan Barang Dan Jasa Asisten Ekonomi Dan Pembangunan Sekretariat Daerah, Widyaningsih mengatakan, Katalog Elektronik (E-Catalogue) adalah sistem informasi elektronik yang memuat daftar, jenis, spesifikasi teknis dan harga Barang atau Jasa tertentu dari berbagai Penyedia Barang atau Jasa Pemerintah.

“Dengan E-Katalog pelayanan pengadaan barang dan jasa lebih mudah dan aman. Dengan sistem E-Katalog, maka siapa saja akan dimudahkan melakukan transaksi pengadaan barang dan jasa. Karena, melalui E-Katalog dapat mendukung pelaku usaha lokal yang menengah atas dan bawah untuk menawarkan produk mereka, terutama UMKM,” terangnya.

Senada dengan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretaris Daerah, Budiman menyampaikan, ini kebetulan dari Setda Kabupaten Blora mendapatkan giliran dihari pertama setelah pembukaan, jadi dari Setda Kabupaten Blora menampilkan talk show tentang e-katalog UMKM.

“Seperti tadi yang telah disampaikan kepala bagian pengadaan barang dan jasa dijelaskan mengenai persyaratan dan tata cara untuk mendaftar di e-katalog lokal dalam rangka memfasilitasi UMKM, pengusaha-pengusaha lokal,” terang Budiman kepada awak media usai acara talk show, Kamis (14/3/2024).

Budiman menambahkan, yang ingin mengembangkan usahanya nanti kalau sudah terdaftar di katalog tersebut jangkauan pemasarannya bisa lebih luas atau nasional, di acara tadi ada sekitar 23 pendaftar yang sudah terdaftar di e-katalog.

“Kemudahannya tentu tadi memperluas jaringan pemasaran dimana nanti OPD ataupun dinas-dinas yang ada program misalnya, tinggal buka e-katalog tersebut yang sesuai ketentuan nanti bisa dijadikan sebagai rekanan,” terangnya.

Lanjutnya, saya kira di bulan Ramadan yang penuh berkah ini dimanfaatkan waktunya, selain untuk beribadah juga mendapatkan pengetahuan-pengetahuan terkini termasuk tadi salah satunya e-katalog.

“Bagi pelaku UMKM dengan adanya kegiatan seperti gebyar Ramadhan ini juga bisa menambah pendapatan rezeki dari stan-stan yang dibuka di alun-alun,” pungkasnya