Pemdes Tayu Kulon Bentuk Satgas Tanggap Darurat Corona

INFODESA168 Dilihat

PATI, INFODESANEWS – Untuk mensikapi virus Covid-19, Pemdes Tayu Kulon kec. Tayu kab. Pati membentuk Satgas Tanggap Darurat  Corona.

Hal tersebut berdasarkan surat edaran Kementrian Desa Nomor 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan penegasan PKTD. Surat edaran ini merupakan acuan dalam melaksanakan Desa Tanggap Covid-19 dan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) dengan  sumber pendanaan dari dana desa.

Kades Tayu Kulon, Aries Junaidi mengatakan Satgas Tanggap Corona Tayu Kulon dibentuk untuk antisipasi agar dampak pedemi Corona tidak meluas dan memberikan penguatan ketahanan pangan bagi masyarakat Tayu Kulon.

“Pembiayaan Satgas Tanggap Corona Tayu Kulon ini dibiayai dengan Dana Tanggap Darurat dari Apbdes 2020, serta dukungan partisipasi dari masyarakat.” Ucapnya

Satgas tanggap corona Tayu Kulon dibentuk tanggal 26 Maret 2020 yang diketuai oleh Handoko, SE. M Pd.

Selaku ketua Satgas, Handoko  memaparkan kegiatan yang sudah dilakukan oleh satgas sejak dibentuk meliputi sosialisasi, penyemprotan desinfektan pada seluruh rumah penduduk dan tempat ibadah sejak tanggal 26-28 Maret 2020.

“Sosialisasi dalam rangka pencegahan, dilakukan dengan menekankan pola hidup bersih dan sehat, menjaga masyarakat agar tidak panik dan saling menjaga kerukunan, kegotongroyongan dalam menghadapi dampak pedemi corona yang berimbas pada masalah sosial ekonomi masyarakat.” Jelasnya

Untuk menjaga ketahanan pangan dan memperhatikan kondisi ekonomi masyarakat yang sedang lesu, satgas melakukan kegiatan subsidi beras agar meringankan beban masyarakat yang secara tidak langsung terkena dampak dibidang ekonomi atas wabah corona.

“Jika kami menunggu subsidi dari pemerintah pusat, provinsi maupun daerah mungkin terlalu lama dan kasihan masyarakat yang terkena dampak covid-19 seperti berkurangnya pendapatan masyarakat dan kami berharap pemerintah dapat melaksanakan subsidi sembako juga. ” Tambahnya

Berita Terkait

Baca Juga