Pemdes Talang Baru Gelar MusrenbangDes RKPDes Ta-2022

INFODESA, LIFESTYLE133 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Pemerintah Desa Talang Baru Kecamatan Sidomulyo, menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MusrenbangDesa) Ta-2022 dan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Ta-2021. yang dipusatkan di Aula Balai Desa setempat, Senin (6/9/2021)

Pelaksanaan Musrenbang Desa juga dihadiri oleh Sekertaris Kecamatan Sidomulyo, BPD, LPM, dan seluruh parangkat desa serta para tamu undangan.

Musrenbang Desa adalah kelanjutan dari kegiatan Musrenbang di tingkat Dusun atau Musdus yang telah dilaksanakan sebelumnya oleh Pemerintah Desa, BPD dan LPM Desa.

Kepala Desa Talang Baru, Kecamatan Sidomulyo, Ahmadi mengatakan, Pembangunan tidak akan berhasil dengan baik, tanpa peran serta dari masyarakat di dalam perencanaan.
”Saya ucapkan banyak terima kasih kepada seluruh tamu undangan yang hadir dalam rangka Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MusrenbangDesa) ini. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk perencanaan pembangunan di tahun 2022.”kata dia dalam sambutannya.

Sementara itu camat Sidomulyo dalam hal ini yang diwakili oleh Sekertaris Kecamatan Sidomulyo, Erman Suheri,SE, berharap dengan diadakannya Kegiatan ini akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa dengan cara memotret potensi dan sumber-sumber pembangunan dengan memaksimalkan partisipasi masyarakat serta ketersediaan anggaran yang ada.

“Walaupun ada sedikit perbedaan pendapat itulah namanya musyawarah mau tidak mau pasti ada perbedaan pendapat tapi semua pendapat intinya satu yaitu demi memajukan Desa. Apalagi saat ini kondisi kita masih dalam Pandemi Covid-19, yang sangat besar dampaknya, bukan hanya di bidang ekonomi dan pembangunan saja tapi juga nyawa akibat ganasnya Covid-19. Mudah-mudahan Covid-19, ini cepat selesai, sehingga semua kegiatan tidak lagi di batasie termasuk pembangunan.”kata dia.

Diketahui dari hasil MusrenbangDesa tahun 2022, desa Talang Baru memaparkan usulan-usulan pembangunan dari hasil Musdus yang dilakukan di Dusun nya masing-masing. Sekaligus memaparkan hasil-hasil pembangunan yang telah dilaksanakan sepanjang tahun 2021 yang menjadi amanat Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes)

“Tentunya dari usulan-usulan tersebut akan kita verivikasi sesuai dengan anggaran dan prioritas dalam usulan. Apalagi saat ini kita masih fokus percepatan penenganan Pandemi Covid-19, ini menjadi salah satu perhatian pemerintah pusat hingga pemerintahan Desa.” kata ketua BPD Talang Baru dalam penyampaiannya saat memimpin MusrenbangDesa tahun 2022. (Red)