Pemdes Nglarohgunung Lakukan Pelatihan Pengolahan Ikan Lele

INFODESA, KESEHATAN40 Dilihat

BLORA, INFODESANEWS – Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Pangan, Pertanian, Peternakan, dan Perikanan (DP4) Blora berkolaborasi dengan Pemdes Nglarohgunung meyelenggarakan Kegiatan Ketahanan Pangan Melalui Pelatihan dan Pengembangan Budaya Ikan yang bersumber dari Anggaran ketahanan pangan Dana Desa.

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Desa yang dihadiri juga oleh Kasi Pembangunan, PD serta PLD. Peserta pelatihan diantaranya para pembudidaya ikan lele, pelaku UMKM, Kader Kesehatan serta Remaja desa.

Kepala Desa (Kades) Nglarohgunung Nur Eka Kusmiran mengatakan, pelatihan tersebut merupakan upaya pemerintah desa untuk mengedukasi dan meningkatkan kapasitas warga dalam hal pengolahan ikan lele.

“Pada pelaksanaan pelatihan ini, kami menghadirkan penyuluh perikanan dan juga pihak dengan DP4 Blora, untuk mengajari langsung warga teknik pengolahan ikan lele,” ucapnya kepada awak media, Kamis (27/6/2024).

Menurutnya, pelatihan ini tidak terlepas dari rencana pemerintah desa untuk pemberian bantuan peningkatan kapasitas.

“Pengolahan ikan lele bisa di jadikan beberapa olahan makanan,” jelasnya.

Nur Eka Kusmiran menambahkan, dengan adanya pelatihan tersebut, diharapkan pengolahan ikan lele di Desa Nglarohgunung lebih optimal untuk di buat makanan, pastel, sempolan dan Frozen food siap goreng.

“Pengolahan lele ini kami anggarkan melalui anggaran ketahanan pangan dana desa, melalui kegiatan ini kami berupaya untuk menumbuhkan perekonomian di desa,” tutupnya.

Sementara itu, Penyuluh Perikanan, Listyaningsih perwakilan dari DP4 Blora menyampaikan, terkait teknik-teknik budidaya ikan beserta cara pengolahan ikan lele.

“Pelaku mampu melakukan kegiatan budidaya ikan lele serta dapat memasarkan ikan lele bernilai tambah dengan menjual ikan lele menjadi lele siap goreng atau frozen food,” ujarnya.(SM/Red).