oleh

Pembina Pramuka Kwarran Baturraden Berlatih Jurnalistik

PURWOKERTO, INFODESANEWS – Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Baturraden menggelar pelatihan jurnalistik Bidang Humas bagi pembina Pramuka di Kwarran Baturraden. Pelatihan tersebut dilaksanakan Kamis (20/02/2020) di SDN Pamijen 02 Kecamatan Baturaden.

Pelatihan dibuka oleh Wakil Ketua Bidang Humas Kwarran Baturraden, Karsono S. Pd. Dalam sambutan pembukaan ia mengatakan pelatihan ini diadakan dengan harapan para peserta yang merupakan pembina Pramuka se-Kwarran Baturraden agar dapat mendokumentasikan dan membuat laporan dengan baik sekaligus mempublikasikannya.

“Setelah pelatihan diharapkan semua pembina dapat membuat laporan dan mempublikasikan kegiatan ke masing-masing gugus depan”, ucap Karsono.

Kepala Sub Bagian Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kabupaten Banyumas, Parsito hadir menjadi pemateri pada pelatihan ini. Selain memberikan materi seputar penulisan berita, pelatihan ini juga diisi dengan praktek video editing khususnya pembuatan video news.

Tidak sendiri, Parsito dibantu oleh dua mahasiswa IAIN Purwokerto yang sedang Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemerintah Kabupaten Banyumas.

“Minimal setelah kegiatan ini, ada kegiatan apa, di foto, dibuat berita, atau dishooting lalu dibikin video berita. Pramuka kan sering mengadakan kegiatan, tidak harus kejadian yang penting, kegiatan pendukung juga bisa dibikin satu sampai 2 menit berita”, ucap Parsito.

Setelah semua materi diberikan, praktek editing video dibimbing oleh dua mahasiswa PPL. Banyak dari pembina pramuka yang antusias dengan pelatihan ini, dibuktikan dengan banyaknya pembina pramuka yang meminta diajarkan lebih detail editing video secara langsung.(Ayyasi)

Berita