Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Sumur Bor Pertanian TMMD Berbasis Energi Terbarukan

INFODESA12 Dilihat
banner 728x90

Kutai Kartanegara. infodesanews.com–   Kodim 0906/Kutai Kartanegara (Kkr) melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-122 telah menghadirkan inovasi dengan memanfaatkan energi terbarukan dalam proyek pembangunan sumur bor pertanian di beberapa areal persawahan yang ada di desa Kerta Bhuana kecamatan Tenggarong Seberang kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Sumur bor pertanian yang dibangun nantinya akan digunakan oleh masyarakat khususnya oleh kelompok tani merupakan sumur bor modern yang dilengkapi dengan sistem pompa air otomatis dari memanfaatkan energi terbarukan berupa pembangkit listrik tenaga surya (solar cell).

Serma Marno Saptono selaku koordinator satgas TMMD Kodim 0906/Kkr mengatakan, “Sistem ini dilengkapi dengan pompa dengan tenaga pembangkit listrik yang didukung oleh panel surya atau solar cell, dimana system pengoperasiannya tanpa ketergantungan pada jaringan listrik konvensional,” ucapnya. Senin (21/10/24)

BACA KONTEN LAINNYA ---->
KNCI Jateng Tolak Pembatasan Kartu Prabayar 1 NIK 3 SIMCARD

Lebih lanjut ia juga menyampaikan, “Program TMMD ini selain membantu petani dalam penyediaan air, kita juga ingin memaksimalkan potensi energi terbarukan demi keberlanjutan lingkungan dan efisiensi energi,” pungkasnya.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Ditinggal Umroh, Ruko dan Rumah Warga Candipuro Dilalap Jago Merah

Selain tidak hanya meningkatkan kesejahteraan jangka pendek, program TMMD ke-122 Kodim 0906/Kkr juga diharapkan dapat memberikan dampak jangka panjang bagi perkembangan di sektor pertanian yang diwilayah kabupaten Kukar. (Mur)*

banner 728x90