Pelatihan Produk Salep Herbal Produk Mahasiswa

INFODESA, PENDIDIKAN133 Dilihat

LUMAJANG, INFODESANEWS – Program Studi Diploma 3 Keperawatan, yang membekali mahasiswanya dengan pembelajaran keperawatan komplementer yang meliputi terapi jus buah dan sayur untuk berbagai penyakit, terapi bekam, pembuatan sabun kesehatan, dan pembuatan salep dari bahan alami.

Nurul Hayati, Ketua Program Studi Diploma 3 Keperawatan Universitas Jember kampus Lumajang menjelaskan, Saat ditemui di kampusNYA menjelaskan pemberian materi keperawatan komplementer diberikan kepada mahasiswa yang sudah duduk di semester V.

“Materi keperawatan komplementer yang kami berikan berbasis pada pemanfaatan sumber daya alam yang ada, minim efek samping, harga ekonomis, serta memiliki peluang untuk dikembangkan sebagai produk di pasar,” ungkapnya.

“Harapannya, dengan materi keperawatan komplementer maka perawat lulusan kami memiliki keunggulan yang membedakan dengan kompetitornya,” imbuh Nurul Hayati.

Sementara itu, Zainal Abidin, dosen pengampu mata kuliah keperawatan komplementer berharap, kegiatan pelatihan tidak hanya memberikan bekal bagi mahasiswa untuk terjun ke dunia kerja, namun juga memberikan peluang bagi mahasiswa untuk membuka usaha produksi salep.

“Saya melihat peluang membuka usaha produksi salep herbal masih terbuka lebar, apalagi saat ini masyarakat sudah makin sadar akan keamanan produk obat sehingga lebih memilih produk herbal daripada produk berbahan kimia yang berpotensi menimbulkan efek samping,”tegasnya

“ Kami berharap dari materi kuliah keperawatan komplementer juga akan melahirkan inovasi-inovasi baru dari mahasiswa Program Studi Diploma 3 Keperawatan Universitas Jember kampus Lumajang,” pungkasnya. (tim Berkarya kampus Lumajang/Aras).