Pelatihan Koperasi Penyusunan Rencana Strategis Dan Business Plan Bagi Koperasi

NASIONAL95 Dilihat

BLORA, INFODESANEWS | Dengan mengambil gedung Aula Gedung Pertemuan KPRI ” EKO SANTOSA” Kec Cepu Kab.Blora, tepatnya di SDN 8 Balun Cepu,  dinas perdagangan koperasi usaha kecil dan menengah Blora, melatih sejumlah koperasi yang berada di wilayah kabupaten Blora untuk kreatif mendapatkan pelatihan dalam upaya bisnis Plan usaha baru koperasi, Kamis, 31/03/22.

Kepala seksi Bina Usaha  Koperasi  Kabupaten Blora Daeng Hadyanti Merkarini,SE,MM, saat di mintai keterangannya mengungkapkan pentingya pembinaan koperasi dalam upaya peningkatan pengelola menegemen Bisnis, serta staregi dalam upaya  peningkatan kapasitas pengelolaan koparasi.

“ kami ( Dinas perdagangan koperasi usaha kecil dan menengah,) terus berupaya memberikan motifasi kepada pelaku koperasi agar mampu mempunyai daya saing mengingat era globalisasi, di mana dituntut dapat membaca perkembangan perdagangan dan mampu membaca pansa pasar saat ini,” ujarnya.

“ Dengan pelatihan ini, Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah dengan mengguakan dana DAK 2022, pemerintah Blora memberikan bekal kepada pelaku koperasi untuk turut dalam Pelatihan Koperasi Penyusunsn Rencana Strategis Dan Business Plan Bagi Koperasi,” ujarnya.

Senada dengan itu Dalam sambutannya Kepala Bidang Koperasi dan UKM Drs. Edy Suprapto, M.Si mengharapkan dengan keikut sertaan pelaku managemen koperasi dalam hal ini pengurus koperasi di harapakan mengajak koperasi – kopersi di Blora agar dapat berbenah diri.

“ Dengan kegiatan ini kita berharap koperasi – koperasi di Blora dapat mengembangkan Strategis – strategis dalam menghadapai pangsa pasar yang kita berkembang,” ujarnya.

Lebih lanjut Drs. Edy Suprapto, M.Si dengan menggandeng narasumver dalam kegiatan itu, dari LDP CENDEKIA, Joko Yulianto diharapkan dengan pemaparan materinya selain mendorong Lajunya koperasi, Koperasi juga dapat menyusunsn Rencana Strategis Dan Business Plan Bagi Koperasi.

“ Kopersi Di Blora diharapkan setelah pelatihan ini dapat membuat Plan atau perencanaan Bisnis di koperasi tersebut, Karena Koperasi sebagai Badan uusaha harus dapat menghasilkan Profit yang akan di gunakan kesejahteraan anggota koperasi tersebut,” ungkapnya.

Senada dengan salah satu peserta Ferra Patmala dari KSU PATRA, mengungkapkan kepada Infodesanews manfaat dalam mengikuti pelatihan tersebut.

“ Dalam pelatihan ini, ilmu yang kami dapatkan mudah – mudahan dapat kami terapkan, sehingga kami mampu menberikan kotribusi yang luarbiasa untuk menghasilkan profit koperasi masing – masing,” ujarnya.

“ Dan kedepannya kita berharap kehadiran narasumber untuk dapat secara langsung ke koperasi kami untuk dapat membedah secara mendalam penerapan ilmu yang kami dapatkan dalam pelatihan hari ini,” pungkasnya.*** Red