Pelaksanaan Musyawarah Desa Pembangunan Desa Balongsari Tahun 2019

INFODESA212 Dilihat

BLORA, INFODESANEWS – Musyawarah Desa (Musdes) perencanaan pembangunan Desa dilaksanakan (26/12) di ruang rapat kantor Desa Balongsari, kecamatan Banjarejo, kabupaten Blora.

Pelaksanaan musdes kali dimaksudkan untuk merumuskan rencana pembangunan yang kan dilaksanakan pada tahun 2019. Acara ini dihadiri oleh undangan yang berasal dari berbagai instansi terkait, diantaranya kecamatan Banjarejo, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, Babinsa, Babinkamtibmas,dan masih banyak yang lainnya,hingga memenuhi ruang rapat kantor desa Balongsari .

Musyawarah Desa dimulai pada pukul 09.00 yang diisi dengan beberapa sambutan, mulai dari ketua panitia, Kepala Desa Balongsari, dan Ketua BPD Desa Balongsari .Pimpinan musyawarah yaitu ketua BPD Desa Balongsari menyampaikan beberapa poin yang akan dibahas, diantaranya mekanisme penyusunan RKP-Desa Balongsari .

Agenda utama musyawarah desa ini adalah untuk mencermati Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDesa) untuk memilah dan mencermati kembali mana program kegiatan yang telah dijalankan, yang belum dijalankan, yang akan dijalankan, yang layak dijalankan dan tidak relevan lagi untuk dijalankan pada tahun 2019 ini. Selanjutnya dilaksanakan penetapan anggota tim verifikasi usulan-usulan masyarakat yang akan digunakan sebagai bahan penyusunan RKP Desa Tahun 2019.

Dengan terlaksananya musyawarah desa perencanaan pembangunan desa ini maka tahapan perencanaan pembangunan desa telah dimulai. Usulan-usulan dari masyarakat dalam berbagai bidang kegiatan desa yang dilanjutkan dengan pembentukan Tim Penyusun RKP Desa .

Prioritas RKPDES Balongsari dengan total anggaran Rp 1.934.200.000 akan dialokasikan :
1.Penyelenggarakan Pemerintah Desa : Rp 454.622.000
2.Pelaksanaan Pembangunan Desa : Rp 1.326.578.000
3.Pembinaan Kemasyarakatan Desa : Rp 73.000.000
4.Pemberdayaan Masyarakat Desa : Rp 80.000

“Semoga dengan adanya transparansi Desa kepada warga bisa terwujud kesinambungan dalam kemjuan yang ada di Desa ; ucap Sutikno .

M. Mulyanto selaku Babinsa Desa Balongrejo juga mengatakan sangat puas dengan kinerja Kades Sutikno dalam pengelolaan anggaran yang ada .

“Dengan adanya kemajuan era digital sekarang ini,semua informasi yang ada warga juga sudah pandai dalam melihat informasi juga mudah mengetahui semua informasi yang ada di Desa,sehingga semua anggaran yang ada di Desa perlu adanya keterbukaan sehingga perlu adanya musyarawah dengan warga untuk sama sama tahu proses pembangunan fisik maupun non fisik yang dilakukan oleh pihak Desa ; tutup Sutikno .