Pekan Imunisasi Polio Provinsi Lampung Bakal di Gelar di Lamsel

INFODESA126 Dilihat

LAMPUNG SELATAN,INFODESANEWS — Penjabat (Pj) Gubernur Lampung, Dr. Drs. Samsudin, S.H., M.H., M.Pd., resmi mencanangkan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2024 tingkat Provinsi Lampung.

Pencanangan PIN Polio di Provinsi Sang Bumi Ruwa Jurai itu berlangsung di Lapangan Desa Bumi Sari, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Selasa (23/7/2024).

Di Provinsi Lampung, PIN Polio putaran satu akan dilaksanakan mulai tanggal 23 Juli hingga 3 Agustus 2024. Kemudian, putaran kedua akan dilaksanakan pada tanggal 6 Juli hingga 17 Agustus 2024.

Adapun, jumlah sasaran PIN Polio 2024 sebanyak 1.259.539 anak yang terdiri dari usia 0-7 tahun. Seperti, bayi, baduta, balita, anak sekolah TK/Paud dan SD.

Samsudin menyampaikan, program tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memastikan seluruh anak di Indonesia mendapatkan imunisasi Polio yang lengkap, guna mencegah penyebaran penyakit Polio yang berpotensi menyebabkan kecacatan permanen.

“Untuk mencegah agar tidak terjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio. Mulai 23 Juli 2024 ini akan dilaksakanan serara serentak di 15 kabupaten/kota. Untuk itu, kepada Kepala Dinas Kesehatan untuk memantau pelaksanaannya, mohon dilihat dan dilaporkan,” kata Samsudin.

Dalam kesempatan itu, Samsudin juga menekankan pentingnya imunisasi sebagai langkah preventif untuk melindungi generasi muda dari penyakit berbahaya.

“Saya berharap, apabila terjadi kasus atau mengarah pada Polio di Provinsi Lampung, saya minta untuk segera bergerak cepat dalam menganggulanginya,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Lampung Selatan diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten, Thamrin, S.Sos., M.M., menyampaikan rasa bangga dan terima kasihnya, karena wilayahnya telah dipilih sebagai lokasi pencanangan PIN Polio tingkat Provinsi Lampung.

Thamrin menyampaikan, pelaksaan PIN Polio di Kabupaten Lampung Selatan akan dilaksanakan di Posyandu-Posyandu yang ada di 17 kecamatan se-Kabupaten Lampung Selatan.

“Kami ucapkan terima kasih. Semoga hadirnya bapak hari ini bisa memperkuat sinergi antara Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten. Untuk memutus rantai Polio diperlukan imunisasi yang masif,” ujar Thamrin.

Terpantau, acara pencanangan tersebut dihadiri oleh sejumlah Pejabat Daerah Provinsi Lampung serta Pejabat Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Lampumg.

Hadir dari Kabupaten Lampung Selatan, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Intji Indriati, Kepala Dinas Kesehatan, Nessi Yunita, dan Ketua Tim Penggerak PKK, Hj. Winarni Nanang Ermanto.(Ronald)