Pedagang Terpapar Covid-19, Pasar Tirtomoyo Ditutup Sementara

INFODESA84 Dilihat

WONOGIRI –INFODESANEWS, Pasar Tirtomoyo bakal ditutup sementara. Hal ini dilakukan paska adanya sejumlah pedagang di pasar tersebut positif terpapar covid-19. “Penutupan akan di mulai pada Selasa (4/5). Ini langkah kita untuk memutus persebaran corona di Tirtomoyo,” ungkap Camat Tirtomoyo Dwi Martanto Yuniarso, Senin (3/5).

Penutupan pasar di Bumi Kahyangan itu dilakukan selama lima hari kedepan. Pasar akan dibuka pada Minggu(9/5). Setelah ditutup, area pasar akan dilakukan sterilisasi dengan penyemprotan cairan disinfektan. Tak hanya kios dan lapak yang ada di dalam pasar, namun kios-kios milik warga yang dekat dengan area pasar juga diminta untuk tutup sementara.

Menurut Dwi, pasar itu ditutup karena adanya sejumlah pedagang terpapar corona. Bahkan ada satu pedagang dikabarkan meninggal dunia. Penutupan pasar bukan kali pertamanya terjadi di Wonogiri, pekan lalu pasar Slogohimo juga sempat ditutup sementara lantaran sejumlah pedagang dipasar itu positif terpapar virus tersebut.

Camat Tirtomoyo mengaku jika selama ini pasar tersebut kerap dilakukan penyemprotan disinfektan dan bahkan petugas pasar mengetatkan penerapan prokes. Salah satunya dimana pengunjung diwajibkan menggunakan masker.

Dia menduga, jika pedagang pasar yang terpapar corona dari pengunjung pasar. Ada juga kemungkinan pedagang terpapar dari kaum boro yang pulang dengan status OTG. “Ya, biar jadi edukasi untuk masyarakat dan semoga Tirtomoyo tetap aman dan tidak ada lagi warga yang jadi korban covid-19,” imbuhnya.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang dihimpun dari laman resmi web Pemkab Wonogiri, hingga Minggu (2/5) pukul 21.00 ada 26 warga Kecamatan Tirtomoyo yang positif corona (kasus aktif). Sepuluh diantaranya menjalani perawatan di rumah sakit, sementara 16 orang lain menjalani isolasi mandiri. (*/muji/her)