Ngaji Bareng Bersama Abah Ali, Ratusan Warga Padati Sekretariat DPC GRIB di Jalan KH Samanhudi

KHAZANAH, PERISTIWA170 Dilihat

SOLO- INFODESANEWS.COM, DPC GRIB Jaya Solo (Gerakan Rakyat Indonesia Bersatu) pada Sabtu (30/9/2023) mengadakan pengajian dengan tajuk “GRIB Ngaji Bareng Bersama Abah Ali” yang menghadirkan pengasuh Ponpes Takmirul Islam Ustadz Ali sebagai penceramah.

Kegiatan Ngaji Bareng tersebut dilaksanakan di Sekretariat GRIB Jaya Solo, Jl. Kyai Samanhudi Laweyan Surakarta pukul 19.30 WIB.

Sri Sunaryati (Caleg DPRD Kota Surakarta Partai Gerindra Dapil II Kecamatan Laweyan) saat memandu doa bersama kepada warga yang hadir (foto:dok)

Pengajian dihadiri warga dan para mantan Preman yang telah bertaubat dijalan Allah bersama para tokoh masyarakat Solo antara lain, Usman Amirodin (Tokoh Eksponen 66), Sri Sunaryati (Caleg DPRD Kota Surakarta Partai Gerindra Dapil II Kecamatan Laweyan), Mbah Jantit (Budayawan Solo), Ketua Umum GRIB Jaya Solo Rahmat Jati Priyono, Wakil Ketua & Pelaksana Harian GRIB Bandono serta OKK Aris.

Perwakilan pengurus GRIB dari DPC Klaten dan DPC Boyolali juga tampak hadir bersama ratusan anggota GRIB Soloraya.

Usman Amirodin (tokoh eksponen 66) didampingi Wakil Ketua & Pelaksana Harian GRIB Solo Bandono (foto:dok)

Ustadz Ali (Abah Ali-red) dalam kesempatan tersebut mengajak kepada seluruh warga yang hadir dan anggota GRIB Solo untuk terus menjalin persatuan dan kesatuan agar organisasi pimpinan Herkules ini semakin jaya bermanfaat bagi sesama. “Tentunya memberi manfaat bagi umat, bangsa dan negara,” ujarnya.

Abah Ali, dalam ceramahnya mengatakan tentang kehidupan dimana tiap manusia terlahir dari keturunan yang sama yaitu nabi Adam dan Siti Hawa, sehingga manusia dengan manusia lainnya tidak boleh saling menjelekkan. Dalam hidup bermasyarakat kita diwajibkan untuk saling menghormati dan menghargai.

“Hilangkan rasa iri, dengki, sirik dan penyakit hati lainnya agar hidup kita bahagia,” tutur Abah Ali.

Disampaikan pula, bahwa terdapat dua hal yang banyak diinginkan manusia, pertama kaya dan kedua panjang umur.  Jika ingin panjang umur dan banyak rejeki maka perbanyak bersilahturahmi.

Pengajian juga diisi dengan tanya jawab sharing bersama warga dan anggota GRIB sebagai wujud kebersamaan untuk menambah wawasan keislaman.

Sementara itu Ketua DPC GRIB Jaya Solo Rahmad Jati Priyono menyampaikan bahwa dalam acara Ngaji Bareng Bersama Ustadz Ali dibangun atas tiga pondasi, pertama Ukhuwah Islamiyah Wathoniyah Basyariyah yang artinya persaudaraan antar warga negara, kedua Hubbul Wathon Minal Iman artinya artinya cinta tanah air adalah bagian dari iman, dan ketiga adalah surat Al-hujurat ayat 13, berisi pedoman tentang hubungan antar sesama manusia.

“Semua dalam rangka menjawab tantangan modernisasi dalam beragama dimana mulai terlihat cara beragama yang merusak ikatan kebangsaan dengan tekanan yang mewujud pada pilihan sikap dan mempolitisasi agama dengan sikap majoritarianism dimana yang terkuat dan terbesar berhak memberi sikap dan keputusan yang berpengaruh di dalam masyarakat,” ucapnya.

Rahmad berharap, usai pengajian akan timbul sikap saling menghormati dan menghargai segala perbedaan, menjaga persatuan, cinta tanah air, membela tanah air dapat teraktualisasi di dalam mindset dan sikap para jemaah pengajian dalam kehidupan keseharian. (Redslo)