oleh

Nanang Ermanto Sambut Gubernur Lampung Saat Cek Kesiapan Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS – – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto mendampingi Gubernur Lampung, Ir. Arinal Djunaidi melakukan kunjungan kerja ke Pelabuhan Bakauheni, Selasa (7/4/2020).

Dalam kunjunganya itu untuk memastikan dan melihat langsung kesiapan petugas PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni serta Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Panjang di Bakauheni dalam mengantisipasi penyebaran virus korona alias Covid 19.

Menurut Nanang Ermanto, kunjungan gubernur itu dapat menjadi spirit dan motivasi bagi petugas yang ada di Pelabuhan Bakauheni sebagai garda terdepan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid 19.

“Terima kasih atas kunjungannya pak gubernur. Mudah-mudah dengan hadirnya pak gubernur menambah motivasi, khususnya bagi para petugas kesehatan yang menjadi garda terdepan dalam mengantisipasi penyebaran virus korona di Provinsi Lampung,” ujar Nanang .

Nanang juga mengatakan, sebagai pintu gerbang arus barang maupun orang dari Pulau Jawa ke Sumatera atau sebaliknya, Pelabuhan Bakauheni menjadi titik yang sangat rentan terhadap penularan penyakit.

Untuk itu, dirinya berharap pengawasan di Pelabuhan Bakauheni bisa lebih diperketat. Mengingat saat ini jumlah arus mudik dari Pulau Jawa semakin meningkat.

“Pokoknya sekarang ini, bagaimana caranya kita menyelamatkan masyarakat Lampung dari virus korona,” tandasnya.

Hal yang sama disampaikan Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi meminta semua pihak yang terlibat dalam penanganan penyebaran virus Covid 19 di Pelabuhan Bakauheni untuk melakukan pemeriksaan secara ketat.

“Sebagai kepala daerah, saya ingin melihat langsung kesiapan ASDP dan KKP dalam mengantisipasi penyebaran virus korona. Meskipun dari laporan yang saya terima sudah berjalan dengan baik,” kata Arinal.

Dikesempatan yang sama Arinal juga meminta agar masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Begitu juga dengan petugas kesehatan agar menerapkan protokol kesehatan yang sama, baik penumpang dari dermaga eksekutif maupun dari dermaga reguler.

“Lakukan pemeriksaan kepada semua penumpang, baik di dermaga eksekutif maupun reguler. Semua harus mendapatkan perlakuan yang sama,” imbuhnya.

Arinal juga mengingatkan kepada petugas untuk selalu berhati-hati dalam menjalankan bertugas. Seperti selalu menggunakan alat pelindung diri (APD) sesuai standar disaat melakukan pemeriksaan kepada masyarakat yang baru tiba dari luar daerah.

“Jaga keamanan kalian. Jangan sampai kalian melayani, justru kalian terancam keselamatannya. Kita disini bekerja untuk negara, daerah dan keluarga kita,” tandasnya.

Diketahui Gubernur Lampung hadir bersama Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto beserta jajaran anggota Forkopimda Provinsi Lampung. Turut hadir juga anggota Forkopimda Lampung Selatan. (Sg/sumber kmf)