Motorpustaka Duta Baca 2018

INFODESA, PENDIDIKAN83 Dilihat

Lampung Selatan Infodesanews.com — Motorpustaka Gemilang 2018 , Diperingati setiap 8 September, Hari Aksara Internasional (HAI)/ Hari Literasi Internasional  menjadi momen untuk menggalakkan minat baca.

 

Merunut rekam jejaknya, peringatan HAI digagas Unesco dalam konferensi para menteri pendidikan dunia pada 1965. Untuk kali pertamanya HAI kemudian diperingati pada 1966 dan terus berlangsung hingga hari ini.

 

Dengan berbagai kendala itu, penggalakan aksi ayo membaca dan melek aksara masih harus terus dilakukan. Salah satunya adalah dengan kembali menggalakkan minat baca lewat perayaan Hari Aksara Internasional ini.

“Di media sosial seperti Twitter pun ramai dengan hashtag #LiterasiYESHoaxNO#RasaMerdekaUntukSegalaBangsa.”kata Sugeng Hariyono pada Infodesanews.com. Sabtu (8/9)

 

Kegiatan HAI yang diperingati setiap tanggal 8 September dilakukan dengan mengikuti tema HAI tahun ini yang ditetapkan oleh UNESCO adalah “Literacy and Skills Development”.

 

“Tema yang ditetapkan secara nasional pada Hari Aksara Internasional yakni “Mengembangkan Keterampilan Literasi yang Berbudaya.” ujar Sugeng Hariyono sekaligus Founder Motorpustaka yang ada di Lampung Selatan.

 

Peringatan Hari Aksara Internasional dengan tujuan melihat jenis keterampilan keaksaraan yang dibutuhkan masyarakat dalam mengeksplorasi kebijakan keaksaraan yang efektif.

 

Menulis Aksara Lampung akan menjadi salah satu cara untuk mengajarkan anak usia dini mencintai aksara. Upaya untuk memunculkan kreativitas bagi para siswa. lebih lanjut, Sugeng Hariyono menyebut dalam bentuk puisi dilakukan agar siswa bisa menuangkan ide dan gagasan. “Secara khusus bentuk mengisi Hari Aksara Internasional diakui, dengan memberi kesempatan siswa sekolah untuk mencintai buku dan menulis.”paparnya.

Kesempatan ini juga dijadikan momen untuk pemilihan Duta Baca Motor Pustaka 2018 yang akan menjadi mitra sugeng untuk menumbuh kembangkan minat baca masyarakat terutama anak anak.”pungkas Sugeng.

 

Sementara itu salah seorang Siswa kelas 7 di SMPN 1 Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan. Kevinis mengatakan saya sangat bangga dan terimakasih karna adanya Motorpustaka, Kami menjadi lebih bersemangat untuk membaca dan menambah wawasan. Karna membaca kita bisa.”ujar Kevinis.

Selain itu juga kegiatan tersebut di meriahkan dengan dilaksanakan  lomba mewarnai dengan tema Aku Cinta Laut, untuk siswa Taman Kanak kanak & Usia Dini,  Lomba Baca Puisi .

 

Kegiatan yang di laksanakan di desaW Pasuruan bawah dan di SDN 1 Kelaten Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan, Sabtu (8/9)   (SG)