Meriahnya Sedekah Bumi Desa Balongrejo Dengan Hehadiran Prayoga Nugroho

INFODESANEWS TV181 Dilihat

Blora, Infodesanews.com – Warga Desa Balongrejo,Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora, Jawa Tengah menggelar ritual sedekah bumi (24/08/2018).

Tradisi budaya yang rutin dilaksanakan setiap tahun menjelang Hari Raya Idul Adha ini merupakan bentuk rasa syukur masyarakat atas melimpahnya hasil panen pertanian.

Acara sedekah bumi yang dilanjutkan dengan adanya hiburan music dangdut Sanjaya,warga Desa Balongrejo sudah berkumpul di halaman rumah kepala Desa setempat. Mereka bersuka cita guna menyaksikan acara musik dangdut .

Dalam acara tasyakuran sedekah bumi ini  turut datang para kepala Desa se-Kecamatan Banjar dan yang lainnya juga hadir Siti Rochmah Yuni Astuti, SH  anggota DPRD Blora dan Prayoga Nugroho caleg provinsi dari Partai Nasdem no 5 putra Bupati Blora guna memenuhi undangan dari Kades Balongrejo Sutiyono .

Warga yang menyaksikan kedatangan Prayoga Nugroho (Yoyok) terhibur bahagia karena melihat kelucuan Yoyok diatas panggung yang memberikan tantangan kepada warga untuk lomba berjoget bersamanya dimana untuk peserta joget yang terlucu mendapat hadiah dari Prayoga Nugroho .

“Kami sudah lama menunggu tradisi sesekah bumi ini. Tradisi ini justru membuat kami menjadi akrab. Nasi dan jajanan yang kami jadikan untuk tradisi sedekah bumi ini adalah secuil sisa panen kami,” ujar seorang warga .

Kepala Desa Balongrejo Sutiyono, menjelaskan, budaya sedekah bumi sudah berlangsung sejak ratusan tahun yang lalu. Tradisi sedekah bumi ini, sambung dia, rutin digelar setiap tahun menjelang datangnya hari raya Idul Adha.

“Ini merupakan ungkapan rasa syukur warga kepada Sang Pencipta atas melimpah ruahnya hasil panen pertanian. Alhamdulillah hasil panen kami kali ini berhasil dengan baik, ” tutupnya.(Arf/Aras).