Menyiapkan Mahasiswa Mandiri, Cerdas, Religius dan Berkemajuan

PENDIDIKAN180 Dilihat

SOLO – INFODESANEWS, Sabtu, 28 Desember 2019, bertempat di Pondok Hajah Nuriyah Shobron UMS, Kegiatan Baitul Arqom bagi mahasiswa dimulai, hal ini untuk meningkatkan semangat belajar, mengkaji dan mendalami, memahami, mengamalkan ajaran agama islam, baik: bidang ibadah, muamalah, syariah dan lain sebagainya, juga sebagai sarana pemahaman materi Al-islam dan kemuhammadiyahan. Kegiatan Kuliah Umum dilaksanakan dipondok hajah nuriyah shobron, dilaksanakan bagi mahasiswa sekitar 7000-8000 mahasiswa dan dilaksanakan secara bertahap. 

Kegiatan Kuliah Umum Baitul Arqom diisi oleh Motivator dari Sekolah Vokasi UMS, Dr. Ir. H. Suranto ST. MM. MSi, menyampaikan materi dengan jenaka dan penuh humor, di selingi dengan sulap, film edukasi dan game edukasi bersama asistennya Ust. Poe dan Ust. Dayat. Pemateri menyampaikan dan menguraikan dengan gayanya yang humoris tentang makna; (QS Annisa: 9) “Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar” dilanjutkan dengan uraian (QS Maryam: 59), (Q.S Alqoshos: 77), (Almujadalah: 11) dan (QS Albaqoroh: 133), ditambah beberapa hadits shoheh yang relevan, dari tema pemateri yang disampaikan “Menyiapkan generasi islam yang mandiri, cerdas, religius dan berkemajuan”.

Pemateri menyampaikan tausiyah dan motivasinya selama 1.5 jam di hadiri peserta Baitul Arqom bagi angkatan bulan desember akhir. Peserta sangat antusias dan sangat termotivasi dengan kegiatan kajian islam yang dikemas oleh pemateri melalui motivasi. Peserta yang hadir kebanyakan dari mahasiswa yang menghafal alquran, sehingga motivasi dan tausiyah keagamaan ini sangat mengena dan memotivasi peserta, kata salah satu pendamping kegiatan (Ust. H. Suwinarno. MAg).

Kegiatan juga didampingi, dihadiri para pengelola pondok, ustadz dan ustadzah. Senantiasa kegiatan baitul arqom dapat berjalan lancar dan mampu membekali mahasiswa dalam pemahaman keagamaan, pembentukan karakter mahasiswa yang lebih religius, mandiri, cerdas dan berkemajuan. Teriring doa yang ihsan, senantiasa diberi kemudahan, kelancaran, kesuksesan dan keberuntungan dalam studi dan dalam berkiprah di masyarakat, bagi mahasiswa dan alumni Universitas Muhammadiyah Surakarta. (hr/anto)

Berita Terkait

Baca Juga