oleh

Menyambut Bulan Rajab, Pemerintah Desa Trembulrejo kecamatan Ngawen Kabupaten Blora Gelar Khitan Massal

BLORA, INFODESANEWS – Dalam rangka menyambut bulan Rajab, Pemerintah Desa Trembulrejo kecamatan Ngawen kabupaten Blora menggelar khitan massal pada Selasa, (17/03/2020).

Para peserta khitan massal yang berjumlah enam anak tersebut diarak keliling desa Trembulrejo yang dimulai dari Balai Desa Setempat dan berakhir di rumah Kepala Desa (Kades) setempat. Mereka diarak dengan diiringi berbagai kelompok kesenian daerah, kelompok marching band SDN 2 Trembulrejo serta kelompok hadroh desa setempat.

Dalam kegiatan tersebut, terdapat pula puluhan pendekar pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) rayon Trembulrejo cabang Blora ikut andil. Para pesilat PSHT ini menunjukkan bakat dan atraksinya selama mengikuti kirab.

Kades Trembulrejo, Imfroni mengatakan bahwa kegiatan ini diadakan dengan mengikuti tradisi yang sudah berlangsung lama didesanya.

“Kegiatan ini kami lakukan dalam rangka menyambut Bulan Rajab dan tradisi ini sudah dilakukan bertahun-tahun dan kami melanjutkan tradisi yang sudah ada,” ucapnya.

Imfroni menambahkan bahwa para peserta memang sengaja diarak keliling desa dengan diiringi kesenian daerah agar menjadi hiburan bagi masyarakatnya.

Dirinya berharap untuk tahun berikutnya dapat menjaring peserta yang lebih banyak dan meriah.

“Para peserta yang berjumlah enam anak ini, kami arak keliling desa Trembulrejo agar tahun depan masyarakat Trembulrejo lebih antusias meramaikan acara ini,” pungkasnya.

Usai kirab keliling desa, para peserta menunjukkan kembali bakatnya di depan rumah Kades Trembulrejo. Dari pendekar PSHT rayon Trembulrejo menunjukkan atraksi berupa pemecahan benda keras. Ada pula yang menampilkan seni beladiri Kunto atau Kuntau, yakni seni beladiri tradisional asal Banjar, Kalimantan Selatan.