Menteri ESDM Serahkan Hewan Qurban Saat Idul Adha 1438H

INFODESA166 Dilihat

JAKARTA, Infodesanews.com – “Allahu Akbar, Allahu Akbar, la ilaaha ill-Allah, Allahu Akbar, Allahu Akbar, wa Lillah il-hamd”. Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan menyerahkan hewan qurban secara simbolis kepada Ketua Badan Pembina Rohani Islam Kementerian ESDM, Hufron Asrofi. Penyerahan hewan qurban berupa satu ekor sapi ini merupakan wujud dan bukti cinta kasih kepedulian kepada sesama. Berqurban dapat meningkatkan iman dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Senin (4/9).

Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha Keluarga Besar Kementerian ESDM juga berpartisipasi menyembelih hewan qurban yang selanjutnya daging qurban itu akan dibagikan kepada yang membutuhkan. “Saya memaknai qurban itu sebagai symbol dari pada kita itu mau berpartisipasi berbela rasa kepada sesama yang memerlukan atau yang membutuhkan, dan itu yang menurut saya penting,” ujar Jonan.

Karena itu, lanjut Jonan maka sebaiknya berbela rasa itu jangan dilakukan setahun sekali, namun dilakukan terus menerus selama “nafas” masih berjalan. “Berbela rasa didalam hidup kita itu “jalan” terus selama nafas kita jalan. Kalau ada orang yang memerlukan atau ada yang membutuhkan, atau lebih bermanfaat kalau kita bantu itu mestinya kita membantu,”lanjut Jonan.

“Spirit bela rasa itu, jika kita bisa membantu orang lain itu dan bermanfaat, sebaiknya hatinya ada disitu,” pungkas Jonan.

Penyerahan dan penyembelihan hewan qurban yang dilaksanakan keluarga besar Kementerian ESDM hari ini, merupakan agenda rutin yang setiap tahun dilakukan dalam rangka pembinaan pegawai dan peningkatan keimanan pegawai dalam arti rasa kebersamaan antara pegawai satu dengan pegawai lainnya dari yang mampu kepada yang kurang mampu. “Berqurban akan meningkatkan keimanan kepada Allah SWT. Kegiatan qurban ini untuk mengenang kembali ritual berqurban yang dilaksanakan nenek moyang kita Nabi Ibrahim as yang telah dengan ikhlas menyerahkan qurbannya (anaknya Nabi Ismail. As) namun demikian dengan ikhlasnya beliau kemudian qurban berganti dengan qurban yang besar berupa hewan domba yang besar,” ujar Hufron.

Tahun ini, Kementerian ESDM memotong tujuh ekor sapi yang berasal dari sumbangan internal Kementerian ESDM dan sumbangan dari pemangku kepentingan sektor ESDM. “Daging qurban akan didistribusikan kepada yang berhak. Semoga dengan qurban ini dapat mempererat solidaritas diantara sesama pegawai dan memperkuat keimanan kita kepada Allah SWT,” lanjut Hufron. (SF/AR)

Berita Terkait

Baca Juga