Melalui Vertual Nanang Hadiri Dzikir dan Doa Kebangsaan HUT Kemerdekaan RI Ke-76

INFODESA, NASIONAL88 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS – Secara virtual zoom meeting dari rumah dinasnya Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto yang didampingi sejumlah pejabat utama Pemerintah setempat, mengikuti kegiatan Dzikir dan doa kebangsaan yang diadakan oleh Sekretariat Negara. Minggu (1/8/2021)

Dzikir dan Doa Kebangsaan yang disiarkan secara langsung, melalui channel Youtube milik Sekretariat Negara itu dalam rangka memperingati HUT RI ke-76 yang jatuh pada Selasa 17 Agustus 2021 mendatang yang dihadiri Presiden RI Joko Widodo dari istana kepresidenan.

Dari lokasi yang berbeda wakil Presiden, Ma’ruf Amin juga menghadiri Dzikir dan Doa Kebangsaan dalam rangka memperingati HUT RI ke-76 dengan tema “Bersyukur atas kemerdekaan, berdoa dan berikhtiar untuk mewujudkan Indonesia maju” yang pimpin oleh Rektor Institut Agama Islam Jami’at at Khaer, Prof. Dr. KH. Said Akil Husin Almunawar.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi mengajak seluruh elemen bangsa untuk bergandengan tangan, merapatkan barisan, bahu-membahu melakukan ikhtiar lahir maupun batin, bersama-sama menghadapi pandemi Covid-19.

“Sebagai bangsa yang berketuhanan yang Maha Esa, doa merupakan senjata orang mukmin, penguat dan penyembuh, sebagai kekuatan yang maha dahsyat untuk membangkitkan harapan dan optimisme,” kata Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan secara langsung melalui chennel YouTube Sekretariat Negara itu.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Nanang Ermanto Hadiri Halal bi Halal di Rumah Aspirasi Antoni Imam

Dikesempatan yang sama Jokowi juga menyampaikan terima kasih atas berbagai upaya, bantuan dan dukungan dari para alim ulama, para pemuka agama, para mubaligh yang selalu mengajak umat untuk mematuhi protokol kesehatan, membantu percepatan vaksinasi, serta membimbing dan mendampingi umat melalui situasi yang sulit.

“Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa membukakan jalan bagi kita semua, meridhoi dan memudahkan semua upaya dan langkah-langkah kita sampai mencapai kemenangan melawan pandemi Covid-19,” kata Jokowi di akhir sambutannya.

Sementara itu Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto sangat mendukung dilaksanakannya kegiatan dzikir dan doa kebangsaan dalam rangka HUT Kemerdekaan Indonsia ke-76 tahun.

“Sebagai hamba Allah, sudah sepantasnya kita bersyukur atas kemerdekaan yang telah diraih,” kata Nanang usai mengikuti acara tersebut dari rumah dinasnya.

Menurut Nanang, dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang belum tahu kapan akan berakhir, doa merupakan salah satu jalan permohonan umat kepada sang pencipta.

“Kita minta pertolongan Allah SWT melalui dzikir dan doa. Sebagai umat-Nya, kita juga diwajibkan untuk berikhtiar, bagaimana upaya kita untuk memutus penyebaran Covid-19,” ujarnya.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Dilestarikan dan Diwariskan, Babinsa Koramil Penajam Hidupkan Tradisi Gotong Royong

Lebih lanjut dikatakan, masyarakat harus sadar bahwa Covid-19 itu ada dan berbahaya. Pemerintah selalu berupaya semaksimal mungkin agar virus Vovid-19 dapat diatasi.

“Ingat, berdasarkan catatan yang ada pada Tim (Satpol PP) Pemakaman Jenazah Covid-19 Pemkab Lampung Selatan periode Juli 2021, sudah 211 orang meninggal karena terpapar Covid-19. Jika diakumulasikan dari Januari 2021 hingga 30 Juli 2021, tercatat sudah 346 warga Lampung Selatan yang telah mendahului kita menghadap Ilahi akibat Covid-19,” ungkap Nanang.

Untuk itu kata Nanang, penularan Covid-19 harus bersama-sama dicegah demi menekan angka kematian. Hal tersebut menurutnya, bisa dilakukan dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Seperti, menggunakan masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan memakai sabun. Disamping masyarakat juga harus menjauhi kerumunan serta tidak berpergian jika tidak mendesak dan penting.

“Semoga, dengan dzikir dan doa serta diiringi ikhtiar kita semua, insya Allah, Allah SWT dapat mengabulkan permohonan kita. Aamiin,” pungkas Nanang.

Diketahui acara tersebut juga di ikuti oleh Menteri Kabinet Indonesia Maju, pimpinan lembaga tinggi negara, pejabat lintas agama, pejabat TNI dan Polri, pimpinan majelis agama, serta para gubernur, bupati dan wali kota se-Indonesia. (Red) sumber Kmf.