Megahnya Kios Baru Pasar Pituruh, Pedagang Berharap Berkah Melimpah

INFODESA123 Dilihat

PURWOREJO, INFODESANEWS || Revitalisasi Pembangunan Pasar Pituruh di Desa/Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, telah selesai dilakukan pada Bulan November 2023 lalu. Revitalisasi pasar terbesar di Kecamatan Pituruh ini menelan anggaran Rp9,68 miliar yang bersumber dari APBD Kabupaten Purworejo TA 2023.

Sejumlah pedagang pun telah mulai pindah ke kios-kios yang ada di Pasar Pituruh. Pedagang selasar pun telah menempati los-los yang tersedia. Namun sebagian besar kios masih dalam keadaan tutup atau belum ditempati pedagang.

Seorang pedagang yang sudah menempati kios Pasar Pituruh adalah Riyanto (59) yang memiliki usaha warung makan. Warga RT 2 RW 5 Desa Pituruh itu menempati kios sebelah barat dekat dengan gerbang masuk Masjid Besar Al-Irsyad Pituruh.

Riyanto mengaku sudah menempati kios baru di Pasar Pituruh sejak satu pekan terakhir. Pihaknya telah membayar lunas retribusi pasar sehingga mendapatkan kunci kios dari Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (DKUKMP) Kabupaten Purworejo pada 11 Desember 2023 lalu.

“Bagi pedagang yang telah melunasi, retribusi pasar sudah menerima kunci kios pekan lalu, Senin (11/12/2023). Setelah dapat kunci itu, saya langsung pindah karena kebetulan rumah dekat dan memang butuh (untuk berjualan),” ucap Riyanto, Kamis (21/12/2023).

Saat Pasar Pituruh sedang dibangun, Riyanto mengaku berjualan di sebelah selatan Masjid Besar Al-Irsyad Pituruh. Ia menyewa tanah kosong untuk mendirikan tenda dan menjual dagangan berupa soto ayam kampung, nasi kucing, gorengan, serta kopi dan es teh.

“Sangat bersyukur karena pembangunan selesai tepat waktu. Sehingga saya bisa langsung pindah ke kios baru. Pelanggan saya juga sudah mulai ramai,” katanya.

Riyanto menyebut sekarang Pasar Pituruh menjadi lebih bagus, bersih dan sesuai standar nasional. “Sekarang pasarnya lebih berkembang dibanding kemarin (sebelum direvitalisasi). Sebelumnya, pasar tampak kumuh apalagi saluran irigasi juga tidak lancar,” sebutnya

Ia berharap, wajah baru Pasar Pituruh bisa mendatangkan berkah lebih melimpah, sehingga semakin ramai pengunjung. Pendapatan para pedagang di pasar tersebut pun juga diharapkan semakin meningkat, rejekinya lancar, serta Pasar Pituruh semakin dikenal oleh orang banyak.

Menurutnya, pada hari pasaran Selasa (12/12/2023) dan Jumat (15/12/2023) lalu, sudah ramai pedagang selasar menjajakan dagangannya. Mereka menempati petak berukuran 1,5X2 meter persegi.***Myd.

Berita Terkait

Baca Juga